Senin 07 September 2020, 05:43 WIB

Tiga Kampung Terisolasi Butuh Bantuan

DD/J-2 | Megapolitan
Tiga Kampung Terisolasi Butuh Bantuan

Medcom.id/Rizky Dewantara
Ilustrasi -- Akses Jalan Terdampak Longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

 

SUDAH jatuh tertimpa tangga pula. Begitulah kepedihan yang dirasakan ribuan warga di Desa Cileuksa, Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bencana banjir dan tanah longsor pada awal Januari lalu dengan belasan korban jiwa serta menghancurkan jembatan beton Ciberang yang merupakan satu-satunya akses masih melekat dalam ingatan.

Bantuan pun hingga kini sebatas impian. Bahkan, kesulitan dan beban warga, khususnya mereka yang berdomisili di tiga kampung terpencil, yaitu Ciparempeng, Ciear, dan Cijairin, kian berat dengan adanya pandemi covid-19.

Dalam pantauan Media Indonesia, jarak 3C, julukan untuk tiga kampung terisolasi tersebut, dari pusat desa diperkirakan sekitar 7,5 km. Begitu pula dengan jarak tempuh menuju kantor kecamatan, termasuk pasar dan fasilitas kesehatan yang mencapai puluhan kilometer.

Sejatinya warga bersama relawan dan TNI telah membuat sebuah jembatan darurat dengan membentangkan tiga batang bambu untuk memudahkan akses mendapatkan bahan kebutuhan pokok. Namun, jembatan itu kini rusak. Jembatan yang menggantung tanpa tiang penyangga itu sangat membahayakan dan mengancam keselamatan jiwa. “Sebenarnya jembatan hanya dibuat (kuat) untuk dua bulan,” kata Inan Setiawan, salah seorang warga.

Di sana juga nihil tempat layanan kesehatan dan tidak ada sekolah untuk tingkat SMP dan SMA. Hanya ada satu gedung SD dengan kondisi rusak dan berada jauh dari permukiman warga. Realitas itu menyebabkan anak-anak tak bersekolah lantaran keterbatasan SDM dan fasilitasnya.

Kepala Desa Cileuksa Ujang Ruhyadi mengharapkan Pemerintah Kabupaten Bogor dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera menerjunkan tim atau dari dinas terkait untuk membantu meringankan beban warga.

“Kita lebih menyoroti infrastruktur yang benar-benar dibutuhkan masyarakat, termasuk akses jalan, jembatan yang terputus, karena itu yang bisa menunjang untuk pemulihan, perencanaan perekonomian, pendidikan, termasuk kesehatan,” pungkasnya. (DD/J-2)

Baca Juga

Antara

Satpol PP Kalah Cerdik Awasi Tempat Usaha Pelanggar Prokes

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 26 Februari 2021, 23:27 WIB
Alhasil kejadian seperti di Kafe RM yang menyebabkan kejadian penembakan dinilai ada andil pengawasan yang...
Antara/Arif Firmansyah

Tak Ada Festival, Cap Go Meh Bogor Digelar dengan Doa Lintas Agama

👤Dede Susianti 🕔Jumat 26 Februari 2021, 23:21 WIB
Pihak penyelenggara tidak ingin kehilangan momen, agenda rutin tahunan perayaan pesta rakyat Cap Go Meh (CGM) tetap dilakukan. Hanya saja...
Dok Modernland

Siloam Clinic Buka Faskes di Jakarta Garden City

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 26 Februari 2021, 21:45 WIB
UPK di Jakarta Garden City yang dikelola Siloam Clinic akan menyediakan pelayanan promotif, preventif, kuratif dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya