Jumat 04 September 2020, 03:20 WIB

DKI Butuh Tambahan Seribu Nakes

Hilda Julaika | Megapolitan
DKI Butuh Tambahan Seribu Nakes

MI/RAMDANI
Petugas melakukan rapid test kepada masyarakat di depan gedung Kejaksaan Agung, Jakarta.

 

KEPALA Dinas Kesehatan DKI Widiastuti mengatakan hingga akhir tahun 2020, DKI membutuhkan sekitar 1.000 tenaga kesehatan (nakes) tambahan. Nakes ini akan disebar ke rumah sakit milik pemerintah, rumah sakit vertikal, dan rumah sakit swasta.

Hingga saat ini, sambungnya, sudah terdapat 1.800 tenaga kesehatan yang mendaftar. Terdiri dari tenaga dokter, analis, perawat, dan beberapa bidang lainnya sesuai permintaan rumah sakit.

“Sementara dengan perhitung an sebulan terakhir ini, tenaga kesehatan yang kami butuhkan sekitar 1.000 tambahan yang harus di eksekusi,” ujarnya di Balai Kota DKI, kemarin.

Sekitar 1.800 pendaftar akan mendapat sejumlah seleksi ketat dan bertahap. Termasuk seleksi di tingkat internal. Adapun posisi yang paling banyak dibutuhkan ialah perawat.

“Masih perlu diseleksi berapa yang lolos nantinya. Tentu kalau memenuhi semua datanya akan sangat dinamis. Karena melihat dengan pergerakan pasien covid-19,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dikes DKI Dwi Oktavia mengatakan kapasitas tes PCR di Provinsi DKI Jakarta mengalami peningkatan. Per 2 September, jumlah tes menembus sebanyak 7.270 orang, dari kemampuan sebelumnya di kisaran 4 ribu hingga 5 ribu orang.

Adapun peningkatan kapasitas ini lantaran terdapat 2 laboratorium yang baru melaporkan hasil tes PCR karena juga baru beroperasi dan mendapat izin resmi dari Kemenkes RI. Sehingga, total sebanyak 56 laboratorium telah bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dalam melakukan pemeriksaan tes PCR. (Hld/J-1)

Baca Juga

Antara/M Risyal Hidayat.

Pemprov DKI Tegaskan tidak Ada Pembelian Lahan Makam Baru

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Maret 2021, 02:50 WIB
TPU Rorotan ada 3.900 meter persegi dan lahan yang hendak ditata dengan dana Rp3,3 miliar. TPU Tegal Alur untuk makam pahlawan ada lahan...
MI/Vicky Gustiawan.

DKI Nihil Zona Merah Tetap Gencarkan 3T dan Disiplin 5M

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 05 Maret 2021, 01:55 WIB
Di Januari penambahan kasus bisa mencapai lebih dari 3.000 dalam sehari bahkan pernah di atas 4.000 kasus. Kemudian dalam sepekan terakhir,...
MI/Andri Widiyanto

Diserobot Kendaraan Bermotor, Jalur Sepeda Akan Diawasi Petugas

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 04 Maret 2021, 21:31 WIB
"Untuk itu, jalan itu nanti kita akan tertibkan dan atur ke depan. Kalau masih ada yang nyerobot tentu perlu ada peningkatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya