Minggu 30 Agustus 2020, 17:10 WIB

Pakar Kesehatan: Tiap Hari Ada Nakes di RS Terjangkit Covid-19

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Pakar Kesehatan: Tiap Hari Ada Nakes di RS Terjangkit Covid-19

Antara/Fauzan
Tenaga medis di RSUD Kab. Tangerang yang menangangi pasien covid-19 dengan APD lengkap saat akan berganti sif

 

Menurut pakar kesehatan Hermawan Saputra, tenaga kesehatan atau tenaga medis yang menangani pasien covid-19 berisiko tertular covid-19. Terlebih ada lonjakan kasus covid-19 tiap harinya.

"Saya mendapatkan informasi, tiap hari ada tenaga medis atau karyawan rumah sakit bahkan manajemen yang positif covid-19. Ini memprihatinkan," ungkap Hermawan, Minggu (30/8).

Di Jakarta, Dinas Kesehatan (Dinkes) menyebut klaster covid-19 terbesar berasal dari rumah sakit (RS), yakni 56% atau 8.850 kasus.

Hermawan mengkhawatirkan jika semakin banyak nakes yang terjangkit covid-19 akan berdampak pada layanan kesehatan terhadap pasien covid-19.

Baca juga: DKI Tambah 1.114 Kasus Covid-19, Klaster dari Liburan Panjang

"Dua hari terakhir rekor kasus bahkan bertambah tiga ribu kasus yang nasional. Ada kekhawatiran kami dari segi kesehatan, yakni berkaitan dengan kapasitas layanan terutama di rumah sakit," ujar Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia tersebut.

Hermawan menyebut adanya lonjakan kasus covid-19 khususnya di Jakarta karena adanya pembukaan aktivitas selama PSBB transisi.

Hari ini saja (30/8), jumlah kasus positif covid-19 bertambah 1.114. Alhasil total kasus covid-19 di Ibu Kota mencapai 39.280 kasus.

"Untuk puncak kasus, unpredictable ya. Karena selama ini kità seolah-olah sudah masuk new normal. Ini tidak akan berhenti. Ini akan naik terus jika tak ada pengendalian kebijakan," pungkas Hermawan. (OL-14)

 

Baca Juga

Antara

Selama Pandemi, 3.103 Restoran Hingga Kafe Langgar PSBB

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 07 Maret 2021, 22:02 WIB
Berbagai pelanggaran dilakukan dari mulai melanggar batas jam operasional. Selama masa PSBB transisi dan PPKM mikro jam operasional...
Antara

Kampung Tangguh Jaya di Pamulang Efektif Tekan Kasus Covid-19

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 07 Maret 2021, 17:50 WIB
Kampung Tangguh Jaya di RW 19 Villa Inti Persada, Pamulang, Tangerang Selatan menunjukkan penurunan kasus yang signifikan yang awalnya 66...
Antara

Perumda Pasar Jaya Diminta Perbaiki Sistem Vaksinasi di Pasar

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 07 Maret 2021, 17:30 WIB
Hal ini juga dilakukan agar mencegah penumpang gelap dalam proses vaksinasi covid-19 di Pasar Tanah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya