Senin 04 Januari 2021, 01:50 WIB

Cegah Terus Kerumunan Warga

Hilda Julaika | Humaniora
Cegah Terus Kerumunan Warga

Dok. Medcom.id
Pemprov DKI kembali perpanjang PSBB Transisi pascaliburan natal dan tahun baru 2021.

 

KERJA keras Polri, TNI, dan Satpol PP dalam menegakkan protokol kesehatan selama libur akhir tahun patut dilanjutkan agar kasus pandemi covid-19 segera melandai di Ibu Kota.

Oleh karena itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan perlu mengevaluasi penanggulangan di 2021 dengan konsisten menegakkan peraturan dan pengawasan dalam penanganan covid-19.

“Saya lihat selama perayaan jelang tahun baru dan sesudahnya aparat TNI, Polri, dan Satpol PP bekerja keras. Itu baik untuk dilanjutkan sampai kasus melandai,” kata anggota DPRD DKI Gilbert Simanjuntak kepada Media Indonesia, kemarin.

Penegakan aturan ini berlaku juga untuk mencegah kerumunan di berbagai kawasan maupun kesempatan yang bisa menjadi pemicu penularan virus korona.

Selain itu, Pemprov DKI juga perlu memperbaiki data covid-19, seperti jumlah orang positif, warga yang memiliki komorbid, dan wilayah yang gagal mengatasi penyebaran covid-19.

Dalam menanggapi hal tersebut, Gubernur DKI Anies Baswedan kembali memperpanjang masa PSBB transisi hingga 17 Januari. Anies menekankan fokus Pemprov DKI pada perpanjangan PSBB transisi ialah lebih meningkatkan 3T untuk mengidentifi kasi kasus aktif melalui testing dan tracing sekaligus secepat mungkin melakukan treatment jika ditemukan kasus positif seusai libur Natal dan Tahun Baru.

“Kami akan konsisten jalankan 3T, yakni testing, tracing, treatment, sedangkan masyarakat jalankan disiplin 3M, yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, serta menjaga jarak agar dampak penyebaran covid-19 dapat ditanggulangi bersama, terlebih setelah libur Natal dan Tahun Baru,” kata Anies dalam keterangan resminya, kemarin.

Pada sisi lain, Pemkab Sleman, DI Yogyakarta, hingga kini masih melakukan kajian terhadap penyelenggaraan minggu tenang covid-19. Sekda Kabupaten Sleman Harda Kiswaya menjelaskan minggu tenang covid-19 dimulai setelah libur Natal dan Tahun Baru.

“Bagaimana teknis pelaksanaan dan sosialisasinya masih kami kaji lebih mendalam. Semuanya menerapkan protokol kesehatan. Ini mirip dengan PSBB, tetapi lebih longgar,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Joko Hastaryo.

Sementara itu, momen libur panjang Tahun Baru menjadi waktu tepat bagi masyarakat di Sumatra Selatan untuk berlibur. Salah satu destinasi yang menjadi pilihan ialah Kota Pagaralam.

Namun, Kepolisian Resor Pagaralam beserta tim satuan gugus depan di kota tersebut tetap menerapkan prinsip kedisiplinan bagi para wisatawan memegang teguh penerapan protokol kesehatan.

“Banyak wisatawan abai tidak mengenakan masker. Padahal kasus positif covid-19 terus menyebar. Karena itu, tim kami melakukan penerapan sanksi bagi yang melanggar prokes,” tandas Kapolres Pagaralam AKB Dolly Gumara, kemarin. (Hld/AU/DW/X-3)

Baca Juga

AFP/Scott Olson.

Tambahkan Kacang ke Makanan Anak Kecil Bantu Hindari Alergi

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 13:00 WIB
Studi peer-review, yang diterbitkan di The Lancet, Jumat (21/1), itu melibatkan 146 anak yang alergi kacang tanah berusia antara nol dan...
DOK Pribadi.

Khasiat Poliherbal Pasak Bumi, Purwoceng, Tribulus, Jahe, Biji Pinang

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 12:45 WIB
Dalam penelitian Hurip, 2016, menemukan kadar testosteron dapat meningkat secara nyata setelah konsumsi pasak bumi selama tiga...
Antara/Prasetia Fauzani.

Vaksin Covid-19 Tunjukkan Kemanjuran Tinggi terhadap Infeksi Parah Omikron

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 11:27 WIB
Makalah itu juga menunjukkan bahwa sementara kematian di antara orang-orang yang divaksinasi lengkap meningkat tajam selama gelombang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya