Senin 01 Juni 2020, 16:55 WIB

KNPI Banyak Temukan Penyimpangan Bansos di Kabupaten Bogor

mediaindonesia.com | Megapolitan
KNPI Banyak Temukan Penyimpangan Bansos di Kabupaten Bogor

Istimewa
Ketua DPD KNPI Kabupaten Bogor Hasyemi Faqihudin.

 

PROGRAM Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang baru beberapa bulan berjalan di Kabupaten Bogor, ditemukan indikasi pemotongan. Termasuk bantuan Pemkab Bogor bagi warga terdampak Covid-19.

"Kami banyak menerima pengaduan dan temuan langsung di lapangan di desa maupun kecamatan yang didapat dalam kejanggalan bantuan sosial BPNT," kata Ketua DPD KNPI Kabupaten Bogor Hasyemi Faqihudin, dalam pesan whattsapp nya kepada mediaindonesia.com, Senin (1/6)

Dia mencontohkan, dalam paket yang diterima disebutkan daging sapi 1 kg, kacang tanah 4 ons, jeruk atau pir 1 kg, beras 10 kg, total bantuan tersebut jika diuangkan senilai Rp200 ribu. Faktanya yang diterima masyarakat tidak sesuai jumlahnya, akibatnya jika diuangkan tidak sampai Rp200 ribu.

"Kami KNPI Kabupaten Bogor segera membuka posko darurat pengaduan terkait permasalahan bansos. Baik itu, banpres (bantuan presiden, banprov , BPNT. BLT Desa, BST (Bantuan Sosial Tunai), Bantuan Kemensos, Banpub (bantuan bupati). Agar penyalurannya tidak diselewengkan,” tegasnya.

Baca Juga: Jangan Campurkan Bansos dengan Politik

Hasyemi yang juga aktif d HMI ini mengaku, sudah mengantongi sejumlah data penyelewengan.KNPI Kabupaten Bogor, bersama pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) sedang menambahkan dan memgumpulkan data yang lain untuk menjadi pelaporan kepada pihak berwenang.

"Kami mendesak dan meminta Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor Rustandi bertanggung jawab dalam persoalan ini. Jangan sampai menjadi kasus yang menjerat merugikan diri sendiri," ujar dia.

Pihaknya, juga meminta kepada Kepolisan dan Kejaksaan untuk memantau jalanya penyaluran bansos. Sebab di lapangan banyak sekali indikasi korupsinya. "Jumlahnya kecil-kecil tapi kalau diakumulasi jumlah yang dikorupsi besar," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga: Jika Penuhi Kriteria Berikut Ini, Anda Layak Dapat Bansos

 

Baca Juga

Dok. Jawara Ssandi Uno

Gelar Pelatihan Dimsum di Bekasi, Pelaku UMKM Dan Emak-emak Harapkan Sandiaga Presiden 2024

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:05 WIB
Ketua Jawara Sandi Uno, Aini Kartaatmadja mengatakan, Sandiaga sosok yang tepat dalam memberikan solusi kebangkitan ekonomi kepada...
Ilustrasi

Pencuri Bobol Rumah Kosong di Jakbar Siang Hari, Korban Rugi Rp400 Juta

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:30 WIB
Kapolsek Cengkareng Kompol Ardhie Demastyo mengatakan kejadian berawal saat korban bernama Desi bersama suami dan anaknya pergi...
MI/Selamat Saragih

HIPMI BPC Kepulauan Seribu, Semangat Kewirausahaan Untuk Menggali Potensi Baru

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:22 WIB
KETUA Umum BPD HIPMI DKI Jakarta Raya (HIPMI Jaya) Sona Maesana melantik pengurus Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya