Selasa 12 Mei 2020, 16:35 WIB

Polri: Kriminalitas Naik 7 Persen

Antara | Megapolitan
Polri: Kriminalitas Naik 7 Persen

NTARA FOTO/Destyan Sujarwoko
Polisi merilis penangkapan kembali narapidana asimilasi karena terlibat aksi pencurian sepeda motor di Mapolres Tulungagung, Jatim.

 

KEPALA Bagian Penerangan Umum Divhumas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengatakan terjadi kenaikan angka kriminalitas di seluruh Indonesia pada awal Mei 2020.

"Untuk situasi kamtibmas, khusus pekan ke 18 dan pekan ke 19, terjadi kenaikan gangguan kamtibmas sebanyak 7,06 persen," kata Kombes Ahmad Ramadhan di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa.

Peningkatan kasus kriminalitas terjadi khususnya pada kejahatan jalanan seperti pencurian dengan pemberatan dan pencurian kendaraan bermotor. Selain itu juga pada kasus narkoba dan hoaks di media sosial.

Ramadhan merinci, di pekan ke 18, terjadi 3.244 kasus kejahatan. Lalu di pekan ke 19, naik 7,06 persen atau naik 229 kasus menjadi 3.473 kasus kejahatan.

Selain itu, berdasarkan hasil evaluasi dari jajaran Polri, terjadi peningkatan kualitas kejahatan jalanan diantaranya pelaku yang tidak segan melukai para korbannya.

"Yang jadi catatan kami, terjadi juga kenaikan kualitas kejahatan jalanan seperti narkotika, pencurian dengan pemberatan, pencurian kendaraan bermotor, penggelapan dan kasus hoax," tuturnya.

Ramadhan pun meminta masyarakat untuk selalu berhati-hati dan waspada jika hendak keluar rumah.

Dia pun mengingatkan sebaiknya masyarakat tetap mematuhi kebijakan PSBB untuk tinggal di rumah.

Jika harus ke luar rumah diminta wajib menggunakan masker dan mematuhi aturan PSBB.

"Jika harus bepergian, gunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan diparkir di tempat aman, perhatikan lingkungan sekitar. Lapor ke Kepolisian terdekat bila menemukan sesuatu yang mencurigakan atau mengancam keamanan," katanya.(OL-4)

Baca Juga

Medcom

Pelaku Pelecehan di Mal Di Bintaro Penderita Gangguan Jiwa

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:00 WIB
Pelaku tindakan asusila terhadap seorang anak di sebuah mal (pusat perbelanjaan) di kawasan Bintaro, merupakan pengidap gangguan jiwa alias...
Dok. Pribadi

Kasus Pemukulan, Andy Cahyady Pertanyakan Status Kuasa Hukum dan Penjamin Wenhai Guan

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:30 WIB
Andy mempertanyakan kapasitas Marna Ina sebagai advokat dalam kasus tersebut kepada Kejaksaan Tinggi DKI...
DOK.MI

Gadaikan Mobil Sewaan, Pasutri Diciduk Polisi

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 27 Juni 2022, 21:35 WIB
DA dan SJ awalnya menyewa mobil milik korban berinisial YMS. Mobil tersebut disewa untuk operasional proyek dengan tarif Rp500 ribu per...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya