Rabu 08 April 2020, 01:09 WIB

Besok, Warga Miskin Terdampak Covid-19 Dapat Bansos dari DKI

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Besok, Warga Miskin Terdampak Covid-19 Dapat Bansos dari DKI

Mi/Ramdani
Foto udara menunjukkan rumah di Jakarta

 

PEMERINTAH provinsi (pemprov) DKI Jakarta segera mendistribusikan bantuan sosial (bansos) kepada 3,7 juta warga miskin dan rentan miskin terdampak Covid-19.

"Kami bersama dengan jajaran TNI dan Kepolisian, Insya Allah mulai Kamis ( 9/4) yang akan datang memfasilitasi distribusi sembako kepada masyarakat di kawasan padat, masyarakat miskin dan rentan miskin," kata Gubernur Anies Baswedan saat konferensi pers, Jakarta, Selasa (7/4).

Adapun rincian 3,7 juta warga yang mendapatkan bansos itu ialah 1.1 juta warga akan dibiayai lewat APBD DKI. Mereka ialah penerima bantuan DKI selama ini, seperti Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan KJP Plus.

Sementara 2.6 juta warga sisanya menjadi tanggungan Kementerian Sosial melalui skema bantuan sosial khusus.

"Pemprov DKI Jakarta bersama dengan pemerintah pusat akan menyiapkan bantuan sosial kepada warga miskin dan rentan yang terdampak atas pelaksanaan PSBB ini dan terdampak atas kondisi perekonomian yang turun akibat wabah Covid-19," terang Anies.

Baca juga : Kerumunan Diatas Lima Orang Bakal Kena Sanksi di Masa PSBB

Pada saat rapat dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada (2/4) lalu, Anies mengatakan bakal mensubsidi Rp1 juta per keluarga untuk 1,1 juta warga rentan miskin dan miskin.

Sementara itu, Anggota DPRD Fraksi PSI, Eneng Malianasari, menyebut sangat penting kejelasan sasaran warga yang mendapatkan bansos itu.

Selain untuk menentukan bagaimana skema distribusi, juga untuk menentukan besaran bantuan serta efektivitas dari bansos Covid-19 nantinya.

Hal ini, katanya, untuk menghindari terjadinya tumpang tindih penerima yang membuat bansos jadi tidak tersebar merata. "Saya merekomendasikan agar target sasaran adalah per keluarga, bukan per warga,” imbuh Eneng. (OL-7)

Baca Juga

Antara/Arif Firmansyah

Pejabat Satpol PP Kabupaten Bogor Diperiksa soal Kerumunan Rizieq

👤Yakub Pryatama Wijayaatmadja 🕔Senin 30 November 2020, 19:11 WIB
"Sedangkan rencana Polda Metro Jaya besok akan memanggil sekuriti, kemudian Babinkamtibmas Tanah Abang, kasat Intel Polres Jakarta...
Antara

RS Ummi Halangi Satgas Covid-19, Terjerat Pidana Murni

👤Baharman Hasyim 🕔Senin 30 November 2020, 17:30 WIB
Upaya Rumah Sakit (RS) Ummi yang diduga menghalang-halangi Satgas Penangan Covid-19 Kota Bogor dalam melakukan pelacakan itu termasuk...
MI/Ramdani

Wagub Positif Covid-19, Anies Tes Swab

👤Hilda Julaika 🕔Senin 30 November 2020, 17:17 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan tes swab menyusul seusai rekan kerjanya, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria terpapar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya