Kamis 05 Desember 2019, 11:13 WIB

Titik Tanggul Jebol Ditutup Sand Bag

Gana Buana | Megapolitan
Titik Tanggul Jebol Ditutup Sand Bag

ANTARA/ Fakhri Hermansyah
Warga melintasi jalan terendam banjir akibat tanggul jebol di perumahan Cahaya Kemang Permai, Jatibening, Bekasi, Jawa Barat.

 

PEMERINTAH Kota Bekasi menyiapkan sand bag untuk menambal dua titik tanggul jebol di Perumahan Cahaya Kemang Permai, Kota Bekasi. Hal itu dilakukan sebagai penanganan sementara sebelum perbaikan kontruksi tanggul dilakukan.

“Untuk penanganan tanggul jebol akan dilakukan perkuatan dengan sand bag sebagai penanganan sementara. Selanjutnya akan dilakukan pekerjaan kontruksi,” ungkap Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas Bina Marga dan SDA Kota Bekasi Yudianto, Kamis (5/12).

Yudi menjelaskan, pihak dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) sudah melakukan pemantauan di lokasi jebolnya tanggul tersebut.

Selain derasnya aliran air anak Kali Cakung tersebut, konstruksi bangunan tanggul juga sudah lama. Sehingga, tidak kuat untuk menahan aliran air.

Baca juga: Tanggul Anak Kali Bekasi Jebol, Air Banjiri Perumahan

“Tanggul yang jebol merupakan tanggul. perumahan yang sudah lama. Untuk saat ini, dinas sudah melakukan peninggian satu jembatan yang ada dan masih menyisakan dua jembatan lama yang perlu ditinggikan agar mempercepat aliran air,” jelas Yudi.

Tidak hanya itu, ada beberapa jembatan di atas kali yang belum sempat ditinggikan pemerintah. Hasilnya, tumpukan sampah menyumbat aliran bawah kolong jembatan dan membuat aliran air terganggu.

“Tim pematusan sudah mengangkat sampah dari kali pagi ini,” kata dia.

Meski demikian, Yudi belum bisa menjelaskan kapan kepastian kontruksi bangunan akan diperbaiki. Pihaknya akan berkonsultasi dengan BBWSCC lantaran penanganan kali tersebut masih di bawah pemerintah pusat. (OL-2)

Baca Juga

Antara

Tujuh Korban Sriwijaya Air SJ-182 Teridentifikasi

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 22:07 WIB
 Pada hari ini, tim DVI mengidentifikasi tujuh...
Antara

Rekor Tertinggi, Positif Covid-19 di Jakarta Bertambah 3.536 Kasus

👤Putri Yuliani Anisa 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 22:00 WIB
Tetap patuhi protokol kesehatan, pakai masker dan mengurangi keluar...
Antara

Anies Terbitkan Aturan Soal Masker Kain di DKI Jakarta

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 20:39 WIB
Masuk kategori pelanggar adalah mereka yang menggunakan masker tidak sesuai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya