Jumat 20 Januari 2023, 15:30 WIB

Inflasi di Jepang Capai Rekor

Cahya Mulyana | Internasional
Inflasi di Jepang Capai Rekor

AFP/YUICHI YAMAZAKI
Ilustrasi: Warga Jepang berbelanja bahan pangan

 

JEPANG mengalami kenaikan harga barang-barang konsumsi yang tertinggi dalam empat dekade terakhir. Itu terjadi pada Desember 2022, yang memicu bank sentral negara itu enggan menaikan suku bunga.

Inflasi di negara ekonomi terbesar ketiga dunia itu naik 4% secara tahun ke tahun (YoY), kenaikan paling tajam sejak 1981. Pada November 2022, Jepang mencatatkan angka inflasi hanya 3,7% namun tetap menjadi rekor tertinggi dalam empat dekade.

Angka inflasi itu datang beberapa hari setelah Bank of Japan (BOJ) memilih untuk tidak beralih dari kebijakan moneter ultra-longgarnya. BOJ melawan tren internasional dengan mempertahankan suku bunga yang lebih rendah.

Jepang sejak tahun 1990-an berayun antara periode inflasi dan deflasi yang lamban, mendorong para pembuat kebijakan mengandalkan suku bunga rendah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Suku Bunga Acuan Naik jadi 5,75%, BI Kejar Penurunan Inflasi

Meskipun inflasi Jepang tetap jauh di bawah negara-negara seperti Amerika Serikat dan Inggris, namun jauh di atas target BOJ yakni sekitar 2%. Analis menilai angka inflasi saat ini dapat mengubah keputusan BOJ untuk menaikkan suku bunga.

Inflasi Jepang didorong oleh kenaikan harga energi yang naik sebesar 15,2% pada Desember. Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda, yang masa jabatannya akan berakhir pada April, mengatakan lebih suka bertahan dengan kebijakan moneter yang sangat longgar sampai nilai upah naik.

Banyak perusahaan Jepang, termasuk induk dari raksasa pakaian kasual Uniqlo, telah mengumumkan rencana untuk menaikkan upah di tengah kenaikan harga dan kekurangan tenaga kerja yang memburuk. Lebih dari separuh perusahaan besar Jepang mengatakan mereka berencana untuk menaikkan upah tahun ini.(Aljazeera/OL-5)

Baca Juga

AFP/Khaled DESOUKI

Mumi Tertua dan Terlengkap Ditemukan di Makam Firaun

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 23:30 WIB
Banyak patung ditemukan di antara makam, termasuk satu yang mewakili seorang pria dan istrinya serta beberapa...
AFP/Frederic J BROWN

Tiongkok Keluarkan Peringatan setelah Warganya Jadi Korban Penembakan di AS

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 22:50 WIB
Konjen Tiongkok di Los Angeles memastikan seorang warga negaranya tewas dalam penembakan massal pada pesta perayaan Tahun Baru Imlek di...
AFP

IAEA Laporkan Ledakan di Dekat PLTN Zaporizhzhia

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:49 WIB
Pasukan Rusia merebut pabrik Zaporizhzhia dari Ukraina pada awal Maret, tak lama setelah melakukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya