Rabu 11 Januari 2023, 12:20 WIB

Jenderal Utama Iran Ancam Charlie Hebdo

Cahya Mulyana | Internasional
Jenderal Utama Iran Ancam Charlie Hebdo

AFP
Protes warga Iran pada Charlie Hebdo

 

Kemarahan terhadap majalah satir Prancis, Charlie Hebdo terus memuncak. Panglima Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC), Mayor Jenderal Hossein Salami mengancam majalah karena telah menghina tokoh utama Iran Ayatollah Ali Khamenei lewat karikatur.

"Umat Muslim cepat atau lambat akan membalas dendam terhadap surat kabar satir Prancis Charlie Hebdo karena menerbitkan kartun yang menghina Pemimpin Spiritual Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei," kata Salami.

Charlie Hebdo pekan lalu menerbitkan karikatur Khamenei untuk mendukung aksi protes yang sedang berlangsung di Iran. "Anda (Charlie Hebdo) telah membuat kesalahan besar,” kata Salami.

Salami lantas merujuk pada serangan terhadap novelis Salman Rushdie pada Agustus tahun lalu dan memperingatkan bahwa kejadian serupa dapat terjadi pada Charlie Hebdo. "Saya merujuk orang Prancis dan direktur lembaga ini (Charlie Hebdo) pada nasib Salman Rushdie," terangnya.

Salman Rushdie ditikam pada 12 Agustus tahun lalu saat bersiap untuk berbicara di sebuah acara di New York bagian barat. Dia telah lama menghadapi ancaman pembunuhan untuk novel keempatnya, The Satanic Verses atau Ayat-ayat Setan, yang diterbitkan pada tahun 1988 lalu.

Pada 1989, Ruhollah Khomeini, pemimpin tertinggi Iran saat itu, mengeluarkan fatwa yang menyerukan pembunuhan terhadap Rushdie. Kelompok Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon juga mengutuk kartun tersebut dan meminta Prancis untuk menghukum Charlie Hebdo.

"Khamenei bukan hanya seorang pemimpin politik tetapi simbol agama bagi puluhan juta orang beriman," kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan. (Al Arabiya/OL-12)

Baca Juga

AFP/Abdul MAJEED

Ledakan di Masjid di Pakistan Tewaskan 61 Orang

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 31 Januari 2023, 05:11 WIB
Ledakan itu terjadi saat salat magrib di ibu kota Peshawar di area yang berada dekat dengan perbatasan...
Antara

Menlu: Meski Sulit, RI Berkomitmen Dorong Perdamaian di Myanmar

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 30 Januari 2023, 22:02 WIB
Indonesia siap mengedepankan strategi dialog dengan pihak yang terlibat konflik di Myanmar. Kekuatan ASEAN diharapkan menfasilitasi dialog...
AFP/Azwar Ipank.

Kasus Rasmus Paludan, Indonesia Panggil Dubes Swedia Kampanyekan Pluralisme

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 30 Januari 2023, 20:52 WIB
Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri sudah menyampaikan secara langsung sikap terkait aksi tidak terpuji yang dilakukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya