Senin 09 Januari 2023, 08:42 WIB

Serangan Rusia Tewaskan 600 Serdadu Ukraina

Cahya Mulyana | Internasional
Serangan Rusia Tewaskan 600 Serdadu Ukraina

Alexander NEMENOV / AFP
Ilustrasi: Pasukan militer Rusia berpatroli di kota pelabuhan strategis Mariupol, Ukraina, yang mulai dikuasai sepenuhnya pada Selasa (12/4)

 

Rusia mengeklaim telah membunuh 600 tentara Ukraina melalui serangan rudal terhadap sebuah barak. Serangan ini disebut Moskow sebagai pembalasan atas kematian puluhan tentaranya dalam serangan roket pekan lalu.

Namun Ukraina membantah angka yang diklaim Rusia tersebut. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada Minggu (8/1), kemarin bahwa rudalnya telah menghantam dua barak yang menampung 1.300 tentara Ukraina di Kramatorsk, Donetsk timur, menewaskan 600 orang.

Juru bicara Kemenhan Rusia Igor Konashenkov mengatakan bahwa serangan itu adalah pembalasan atas gempuran Ukraina di Makiivka yang menewaskan setidaknya 89 tentara Rusia.

Juru Bicara Pasukan Ukraina di timur Serhii Cherevatyi mengatakan serangan Rusia di Kramatorsk hanya merusak infrastruktur. "Angkatan bersenjata Ukraina tidak terpengaruh," tegasnya.

Pemerintah daerah Donetsk mengatakan bahwa tujuh rudal Rusia telah menghantam Kramatorsk dan dua lagi di Konstantynivka, tanpa korban jiwa. Disebutkan bahwa lembaga pendidikan, fasilitas industri dan garasi rusak akibat serangan rudal di Kramatorsk.

Sementara di Kostyantynivka, serangan rudal merusak kawasan industri. Pekan lalu militer Ukraina mengeklaim telah menyerang aula perumahan sebuah universitas kedokteran di Rubizhne, Luhansk, yang menewaskan 14 tentara Rusia.

Gubernur Donetsk Pavlo Kyrylenko mengatakan bahwa satu orang tewas dalam serangan di Bakhmut, dengan delapan lainnya mengalami luka-luka. (9news.au/OL-12)

Baca Juga

AFP/	JAVIER TORRES

22 Tewas dan 554 Terluka Akibat Kebakaran Hutan di Cile

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 05 Februari 2023, 11:04 WIB
"Jumlah korban tewas kemungkinan bertambah. Saat ini masih ada 10 orang yang dinyatakan...
AFP/HALEY WALSH

AS Tembak Jatuh Balon Mata-mata Tiongkok  

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 05 Februari 2023, 10:45 WIB
Pengintaian Tiongkok ini menambah tegang hubungan Beijing dan Washington. Balon itu terlihat sejak pagi hari di atas Carolina saat...
AFP

Indonesia Memiliki Posisi Unik Dan Kuat Di ASEAN

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:45 WIB
PENGAMAT internasional dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Faris Al Fadhat, mengatakan Indonesia memiliki posisi yang unik sekaligus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya