Selasa 15 November 2022, 10:56 WIB

Uni Eropa Dorong Rusia Akhiri Perang

M. Ilham Ramadhan Avisena | Internasional
Uni Eropa Dorong Rusia Akhiri Perang

Valeria Mongelli / AFP
Presiden Dewan Eropa Charles Michel dalam konferensi pers di BICC Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11).

 

Uni Eropa mendorong agar Rusia segera mengakhiri perang untuk menghargai piagam Persatuan Bangsa Bangsa (PBB). Pasalnya, agresi yang dilakukan Kremlin telah menyebabkan banyak permasalahan, tak hanya pada Ukraina, tapi juga di seluruh dunia.

"Di mana pun anda tinggal, dari Iowa hingga Afrika, atau Timur Tengah, dan satu-satunya cara terbaik untuk mengakhiri krisis akut pangan dan energi adalah bagi Rusia untuk mengakhiri perang yang tidak masuk akal dan untuk menghormati Piagam PBB," ujar Presiden Dewan Eropa Charles Michel dalam konferensi pers di BICC Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11).

Uni Eropa, lanjut dia, berkomitmen untuk mendukung misi Presidensi G20 Indonesia menjaga keutuhan kerja sama multilateralisme dunia. Hal itu juga sejalan dengan upaya untuk mencari jalan keluar dari situasi yang tidak pasti saat ini.

Invansi Rusia ke Ukraina, kata Michel, telah mengakibatkan krisis pangan di Benua Biru, bahkan di level global. Uni Eropa telah menggalang dana hingga £8 miliar untuk mengatasi persoalan pangan tersebut.

Uni Eropa juga akan ikut membahas persoalan pangan tersebut di dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. "Jadi dalam krisis pupuk dan gangguan pasokan pupuk, saya menantikan untuk bergabung dengan pembahasan khusus tentang topik ini besok. Saya masih yakin bahwa kita bisa dan kita harus mendukung negara-negara berkembang untuk memproduksi pupuk berkelanjutan," jelas Michel.

Akibat perang Rusia dan Ukraina juga telah menyebabkan krisis energi. Karenanya Uni Eropa berupaya semaksimal mungkin mengurangi ketergantungan energi dari Kremlin. "UE kami menghapus ketergantungan kami pada energi Rusia secara bertahap. Kami melakukan diversifikasi dan sumber kami mempercepat energi terbarukan dan memperkuat efisiensi energi kami," tambah Michel. (Mir)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Indonesia Siap Nahkodai ASEAN Maju dan Damai

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 26 November 2022, 13:41 WIB
"Indonesia menginginkan agar ASEAN tetap penting dan relevan. Indonesia juga ingin kawasan Asia Tenggara tetap menjadi pusat...
AFP/YURIY DYACHYSHYN

Ukraina Keluhkan Krisis Energi

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 26 November 2022, 10:43 WIB
"Sampai malam ini, pemadaman listrik berlanjut di sebagian besar wilayah (Ukraina) dan di Kyiv. Secara total, lebih dari enam juta...
ANTARA/Maha Eka Swasta

Kemenlu Sebut tidak Ada WNI jadi Korban Banjir Jeddah

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 06:53 WIB
"Hingga saat ini tidak ada WNI yang dilaporkan menjadi korban dalam peristiwa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya