Senin 05 September 2022, 15:02 WIB

RI-Filipina Perkuat Keamanan di Wilayah Perbatasan

Andhika prasetyo | Internasional
RI-Filipina Perkuat Keamanan di Wilayah Perbatasan

AFP
Presiden RI Jokowi dan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr melakukan pertemuan bilateral.

 

INDONESIA dan Filipina sepakat untuk memperkuat kerja sama di wilayah perbatasan. Kesepakatan tersebut dicapai dalam pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr di Istana Kepresidenan Bogor.

Ke depan, tim dari kedua belah pihak akan meninjau kembali dua perjanjian pengamanan perbatasan revised border crossing agreement dan border patrol agreement. Peninjauan ulang diperlukan agar perjanjian tersebut terus relevan bagi masyarakat di kedua negara.

"Kita juga berkomitmen mempercepat perundingan delimitasi batas landas kontinen berdasarkan United Nation Convention of Law of the Sea 1982," tutur Jokowi, sapaan akrabnya, Senin (5/9).

Baca juga: DPR Tinjau Pembangunan Perbatasan Indonesia-Malaysia

Pihaknya juga mengapresiasi pemerintah Filipina yang sangat kooperatif dalam upaya pembaruan Agreement on Cooperative Activities in the Field of Defense and Security. Serta, pembentukan Trilateral Cooperative Arrangement (TCA) antara Indonesia, Filipina dan Malaysia.

"Ini semua sangat penting dalam mengamankan jalur perairan, terutama dari ancaman penyanderaan dan penculikan," imbuh Kepala Negara.

Baca juga: Indonesia-Filipina Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan

Dalam kesempatan yang sama, Marcos menyatakan kesiapan untuk memperkuat kerja sama dengan Indonesia. Menurutnya, Indonesia merupakan negara yang sangat penting bagi Filipina.

"Kami akan melanjutkan hubungan ini supaya semakin kuat. Presiden Jokowi dan saya sepakat untuk membentuk gugus tugas di level teknik, tidak lagi di level politik atau diplomasi," katanya.

"Dengan begitu, kita bisa mengambil manfaat besar dari kesempatan yang ada. Kita optimistis bisa mencapai keberhasilan di masa depan," sambung Marcos.(OL-11)
 

Baca Juga

Dok. Kedubes Tiongkok

Lembar Fakta: Pencapaian Pembangunan Ekonomi dan Sosial Tiongkok

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 14:26 WIB
Jumlah netizen China telah berkembang menjadi 1,032 miliar, dan tingkat pencakupan Internet mencapai 73%. Pada tahun...
Dok. Kedubes Tiongkok

Lembar Fakta: Perkembangan Hubungan Tiongkok-Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 14:22 WIB
Kedua negara mempertahankan pertukaran tingkat tinggi yang intensif. Sejak COVID-19 dimulai, Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo...
Dok. Kedubes Tiongkok

Semoga Hubungan Tiongkok-RI Capai Kesuksesan Lebih Besar

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 14:20 WIB
“Dalam 10 tahun terakhir, keberhasilan baru perekono­mian telah tercapai. PDB Tiong­kok melampaui 100 triliun RMB, proporsi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya