Sabtu 04 Juni 2022, 10:30 WIB

Ada Lebih dari 700 Kasus Cacar Monyet Secara Global

Nur Aivanni | Internasional
Ada Lebih dari 700 Kasus Cacar Monyet Secara Global

AFP/Brian W.J. Mahy / Centers for Disease Control and Prevention
Seorang pasien cacar monyet memperlihatkan kondisi tangannya.

 

PUSAT Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), Jumat (3/6), mengatakan pihaknya mengetahui ada lebih dari 700 kasus cacar monyet global, termasuk 21 di AS. Penyelidikan sekarang menunjukkan bahwa penyakit itu menyebar di dalam negeri.

Enam belas dari 17 kasus pertama termasuk di antara orang-orang yang diidentifikasi sebagai pria yang berhubungan seks dengan pria, menurut laporan CDC yang baru, dan 14 dianggap terkait dengan perjalanan.

Semua pasien dalam pemulihan atau telah pulih dan tidak ada kasus yang fatal.

Baca juga: WHO: Cacar Monyet Berisiko Sedang terhadap Masyarakat Global

"Ada juga beberapa kasus di AS yang kami tahu terkait dengan kasus yang diketahui," kata Jennifer McQuiston, wakil direktur Divisi Patogen dan Patologi Konsekuensi Tinggi CDC, kepada wartawan melalui telepon.

"Kami juga memiliki setidaknya satu kasus di AS yang tidak memiliki tautan perjalanan atau tahu bagaimana mereka memperoleh infeksi mereka," katanya.

Umumnya terbatas di Afrika barat dan tengah, kasus cacar monyet telah dilaporkan di Eropa sejak Mei dan jumlah negara yang terkena dampak telah meningkat sejak itu.

Kanada juga merilis angka baru pada Jumat, menghitung 77 kasus yang dikonfirmasi - hampir semuanya terdeteksi di Provinsi Quebec, tempat vaksin telah dikirimkan.

Meskipun penyebaran barunya mungkin terkait dengan festival gay tertentu di Eropa, cacar monyet tidak dianggap sebagai penyakit menular seksual, dengan faktor risiko utama adalah kontak kulit-ke-kulit yang dekat dengan seseorang yang memiliki luka cacar monyet. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Jaringan Pipa Gas Nord Stream Disabotase, Eropa Tingkatkan Keamanan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 29 September 2022, 15:19 WIB
Kebocoran jaringan gas Nord Stream mengakibatkan kenaikan harga gas alam. Sebelumnya, Rusia diketahui membatasi secara tajam...
Manan VATSYAYANA / AFP

Hukuman Aung San Suu Kyi Kembali Bertambah

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 29 September 2022, 15:01 WIB
Awal bulan ini, pengadilan junta Myanmar menjatuhkan vonis terhadap Aung San Suu Kyi dengan tiga tahun penjara karena dugaan kecurangan...
AFP/	Sean Rayford

Badai Ian Ubah Jalanan di Florida Menjadi Sungai

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 29 September 2022, 12:43 WIB
Kantor sheriff pesisir Florida melaporkan mendapat banyak telepon dari penduduk yang terjebak di rumah yang terendam banjir dan memohon...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya