Selasa 12 April 2022, 10:10 WIB

Publik Swedia dan Finlandia Ingin Gabung NATO

Cahya Mulyana | Internasional
Publik Swedia dan Finlandia Ingin Gabung NATO

AFP/Adrian Dennis
Ilustrasi KTT Tahunan NATO.

 

Mayoritas rakyat Finlandia dan separuh penduduk Swedia menginginkan negara mereka masing-masing menjadi anggota NATO. Partai penguasa Swedia telah mulai memperdebatkan isu ini.

Moskow memperingatkan bahwa aksesi negara-negara Nordik tidak akan membawa stabilitas ke Eropa. Tetapi dukungan publik untuk keanggotaan NATO hampir dua kali lipat sejak invasi Rusia ke Ukraina, menjadi sekitar 50% di Swedia dan 60% di Finlandia, menurut beberapa jajak pendapat.

Sosial Demokrat kiri-tengah Swedia, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson, mengatakan bergabung dengan aliansi berisi 30 negara dapat dilakukan segera. Bahkan partainya dapat memutuskan untuk mengajukan proposal keanggotaan tanpa membutuhkan dukungan anggota.

"Setelah menekankan pada pecahnya perang bahwa non-blok telah melayani kepentingan Swedia dengan baik. Saya siap untuk membahas kebijakan sehubungan dengan agresi Moskow posisi keamanan Swedia berubah secara fundamental,” katanya.

Sekretaris Jenderal Sosial Demokrat, Tobias Baudin, mengatakan tinjauan keamanan akan selesai sebelum musim panas. Pertanyaan itu diharapkan menjadi isu utama dalam pemilihan parlemen yang dijadwalkan pada 11 September, dengan partai-partai oposisi kanan-tengah sudah mengatakan mereka akan mendukung bergabung dengan NATO.

Kemudian Finlandia memiliki panjang perbatasan 1.340 km (830 mil) dengan Rusia dan Swedia. Negara ini merupakan mitra NATO setelah memilih non-blok pada akhir perang dingin.

Alexander Stubb, mantan perdana menteri Finlandia mengatakan Helsinki akan mendaftar untuk bergabung dengan NATO, mungkin pada Juni tahun ini di Madrid, Spanyol. Jajak pendapat menunjukkan hanya enam dari 200 anggota parlemen negara itu yang menolak wacana ini.

"Kami akan melakukan diskusi yang sangat hati-hati, tetapi tidak mengambil waktu lebih lama dari yang seharusnya, ”kata Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin. (The Guardian/OL-12)

Baca Juga

AFP/Atta Kenare.

Pembicaraan Nuklir Iran Segera Dilanjutkan setelah Buntu Berbulan-bulan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:49 WIB
Selama pembicaraan di Wina yang bertujuan menghidupkan kembali perjanjian itu, Iran berulang kali meminta jaminan dari pemerintahan Biden...
AFP/RUMGAPRES

Lawatan Presiden ke Ukraina dan Rusia Dinilai Strategis Redam Dampak Perang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 20:05 WIB
Presiden Jokowi dinilai tidak hanya berkunjung sebagai Kepala Negara, melainkan juga selaku tuan rumah dari G20...
AFP/Bandar Al-Jaloud/Istana Kerajaan Saudi.

PM Irak Datangi Putra Mahkota Saudi Redam Konflik dengan Iran

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 19:54 WIB
Irak selama setahun terakhir menjadi tuan rumah lima putaran pembicaraan antara dua rival regional itu. Sesi terakhir diadakan pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya