Jumat 04 Februari 2022, 14:00 WIB

Kendati Dibayangi Isu HAM, Olimpiade Beijing 2022 Tetap Digelar

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Kendati Dibayangi Isu HAM, Olimpiade Beijing 2022 Tetap Digelar

JADE GAO / AFP
Presiden IOC Thomas Bach tampak muncul di layar raksasa di Kota Beijing, Tiongkok.

 

OLIMPIADE musim dingin yang dibayangi oleh masalah HAM dan covid-19 akan secara resmi dimulai di Beijing pada Jumat (4/2) dengan upacara pembukaan di stadion Sarang Burung.

Upacara pembukaan dimulai pukul 08.00 malam dan akan dihadiri oleh Presiden Xi Jinping. Di bawah pemerintahannya, Tiongkok telah menjadi proposisi yang jauh lebih agresif dalam urusan global dibandingkan dengan 14 tahun lalu.

Xi akan bergabung dengan para pemimpin, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin.

Namun Amerika Serikat, Inggris, Kanada dan Australia adalah di antara negara-negara yang melakukan boikot diplomatik atas catatan HAM, terutama tindakan represif  terhadap minoritas muslim Uyghur di Provinsi Xinjiang, Tiongkok.

Negara-negara lain mengutip pandemi covid-19 sebagai alasan tidak mengirim pejabat.

Baca juga: Putin Kecam Sanksi Doping pada Rusia Jelang Olimpiade Beijing

Atlet mereka masih akan bersaing di Olimpiade, yang berlangsung hingga 20 Februari 2022 dan berlangsung di dalam gelembung "loop tertutup" besar yang dirancang untuk menggagalkan virus.

Beberapa penonton akan hadir pada upacara pembukaan tetapi tidak jelas berapa banyak dan tiket tidak dijual kepada masyarakat umum karena pandemi.

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres termasuk di antara para pemimpin lembaga global yang datang ke upacara tersebut.

Upacara tersebut didalangi oleh sutradara film terkenal Tiongkok Zhang Yimou, yang berada di balik ekstravaganza 2008.

Zhang telah menjanjikan pertunjukan yang benar-benar inovatif, tetapi mengakui bahwa pandemi dan cuaca dingin akan membatasi skalanya dibandingkan dengan Olimpiade Musim Panas, ketika 15.000 pemain mengambil bagian dalam gala mewah yang menampilkan penyanyi opera, akrobat, dan drumer.

Kali ini akan ada sekitar 3.000 penampil dan tema akan mencakup perlindungan lingkungan dan emisi karbon rendah, ujar Zhang sebelumnya kepada media pemerintah.

Namun pernyataan Tiongkok bahwa ini akan menjadi "permainan hijau" telah ditentang oleh beberapa ahli karena itu akan berlangsung di salah satu tempat terkering di negara itu dan di hampir seluruhnya salju buatan manusia.

Kasus Covid-19 naik di Tiongkok

Ada kekhawatiran lain seputar Olimpiade ini, termasuk peringatan dari beberapa negara Barat tentang pengawasan terhadap atlet mereka dan apa yang akan terjadi pada mereka jika mereka membuat komentar anti-Tiongkok atau protes lain terhadap otoritas lokal.

Dengan nada optimis pada hari Kamis (3/2), Presiden IOC Thomas Bach mengatakan Olimpiade akan mengubah skala olahraga musim dingin selamanya.

Tiongkok memiliki sedikit tradisi olahraga musim dingin tetapi secara konsisten mengatakan bahwa penyelenggaraan Olimpiade adalah bagian dari upaya untuk menginspirasi 300 juta orang di negara berpenduduk terpadat di dunia untuk terlibat dalam kegiatan ski dan es.

Bach mengatakan target itu sudah terlampaui.

Kekhawatiran tentang covid-19 masih ada. Hampir 3.000 atlet dan puluhan ribu staf pendukung, sukarelawan dan media telah terputus dari populasi umum Beijing.

Tiongkok, tempat virus itu muncul pada akhir 2019, telah menerapkan kebijakan nol-covid yang tanpa basa-basi secara nasional dan mengadopsi pendekatan yang sama untuk Olimpiade, dengan semua orang terkurung di dalam gelembung menjalani tes harian serta diharuskan memakai masker setiap saat.

Mereka tidak dapat meninggalkan "loop tertutup" sampai pertandingan selesai.

Ada hampir 290 kasus covid-19 dalam gelembung, di antaranya adalah sejumlah atlet yang tidak diketahui.

Jerman mengatakan pada Kamis (3/2) bahwa enam anggota timnya telah dites positif pada saat kedatangan di Beijing, tanpa mengatakan apakah yang bersangkutan adalah atlet atau staf pendukung. (Aiw/France24/OL-09)

Baca Juga

dok.Humas KBRI Kairo

HUT Ke-77 RI: Presiden Sisi Kirim Utusan Khusus ke Wisma KBRI Kairo

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 11:50 WIB
KBRI Kairo menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan HUT ke-77 RI Tahun 2022 secara hibrida, Rabu (17/8) pukul 08.00 di lapangan hijau...
AFP

Ledakan Bom Menyasar Masjid di Kabul, 20 Orang Tewas 

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 10:05 WIB
Pemerintah Afghanisttan yang dikuasai Taliban mengecam aksi keji tersebut yang disinyalir dilakukan kelompok...
AFP/Yoav LEMMER

PBB Mulai Rangkaian Pertemuan dengan Junta Militer Myanmar

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 09:21 WIB
Pertemuan pertama Heyzer dengan junta militer Myanmar itu akan menyoroti sejumlah isu yang menjadin perhatian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya