Jumat 14 Januari 2022, 18:53 WIB

Sekjen PBB Serukan Pencegahan Derita Lebih Parah di Afghanistan

Nur Aivanni | Internasional
Sekjen PBB Serukan Pencegahan Derita Lebih Parah di Afghanistan

AFP/Mohd Rasfan.
Seorang wanita bercadar dengan seorang anak meminta sedekah di jalan, Kabul, pada 14 Januari 2022.

 

SEKRETARIS Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres pada Kamis (13/1) menyerukan masyarakat internasional mengambil tindakan segera untuk mencegah penderitaan lebih lanjut bagi jutaan warga Afghanistan.

"Kita perlu bertindak sekarang untuk mencegah keruntuhan ekonomi dan sosial dan menemukan cara untuk mencegah penderitaan lebih lanjut bagi jutaan warga Afghanistan," kata Sekjen PBB itu kepada wartawan di markas besar PBB di New York. "Tanpa keterlibatan masyarakat internasional yang kreatif, fleksibel, dan konstruktif, situasi ekonomi Afghanistan hanya akan memburuk. Keputusasaan dan ekstremisme akan tumbuh," katanya.

Pejabat tinggi PBB itu juga mendesak Amerika Serikat dan Bank Dunia untuk mencairkan dana Afghanistan, yang dikunci sejak Taliban kembali berkuasa, untuk mencegah mimpi buruk yang terjadi di Afghanistan menjadi lebih buruk. "AS memiliki peran sangat penting untuk dimainkan karena sebagian besar sistem keuangan di dunia beroperasi dalam dolar dan, jelas, ada sejumlah besar dana yang dibekukan di Amerika Serikat dan di beberapa negara lain di dunia," kata Sekjen.

"Tetapi cara menerapkannya dengan cara yang tidak menyimpang tetapi benar-benar melayani kepentingan rakyat Afghanistan. Kami bekerja keras untuk memastikan bahwa semua jaminan yang diperlukan diberikan," tambahnya.

Baca juga: PBB Serukan Bantuan USD 5 Miliar untuk Afghanistan pada 2022

Guterres juga meminta Taliban untuk melindungi hak-hak perempuan dan anak perempuan. "Tidak ada negara yang bisa berkembang sementara mengingkari hak-hak separuh penduduknya," katanya. (Xinhua/OL-14)

Baca Juga

AFP/ISSOUF SANOGO

Dua Tahun Pascadigulingkan Lewat Kudea, Mantan Presiden Mali Tutup Usia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 17 Januari 2022, 06:38 WIB
Pemerintah interim Mali mengeluarkan pernyataan yang memuji Keita sembari menambahkan mantan presiden itu meninggal karena penyakit yang...
AFP/ Ismael ADNAN

Hampir Empat Ribu Warga Irak Dipulangkan dari Belarus

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Senin 17 Januari 2022, 06:22 WIB
BAGHDAD telah memulangkan hampir empat ribu warganya yang terjebak di perbatasan Belarus dengan anggota Uni Eropa Polandia, Lithuania dan...
dok/pribadi

Lewat Jubir, Prabowo Bantah Melakukan Upaya Normalisasi Hubungan dengan Israel

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 16 Januari 2022, 23:20 WIB
Prabowo tidak pernah terlibat dalam pembahasan normalisasi hubungan kerja sama antara Jakarta dengan Tel...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya