Sabtu 08 Januari 2022, 18:15 WIB

Bank Dunia Setujui US$90 Juta untuk Bantuan Pandemi di Iran

Mediaindonesia.com | Internasional
Bank Dunia Setujui US$90 Juta untuk Bantuan Pandemi di Iran

AFP.
Seorang siswa menerima dosis vaksin covid-19 di pusat vaksinasi yang didirikan dalam sekolah di ibu kota Iran, Teheran.

 

BANK Dunia menyetujui US$90 juta dalam pembiayaan tambahan untuk Iran. Dana ini untuk membantu Iran memerangi pandemi covid-19.

Dewan direktur pemberi pinjaman pembangunan yang berbasis di Washington menyetujui bantuan itu pada 21 Desember. "Ini akan digunakan hanya untuk pengadaan tambahan, peralatan medis penting yang menyelamatkan nyawa untuk memperkuat respons pandemi Iran," kata juru bicara Bank Dunia, Jumat (7/1).

"Pendanaan ini tidak akan masuk ke anggaran Iran. Semua hasil pinjaman serta pengadaan dan pencairan dikelola oleh Organisasi Kesehatan Dunia," kata juru bicara itu.

Bank Dunia pada Mei 2020 telah memberi Teheran senilai US$50 juta melalui Proyek Tanggap Darurat Covid-19 Iran, yang menurut juru bicara itu, dilakukan secara luar biasa karena pandemi. Juru bicara itu menyebut Iran merupakan pusat infeksi covid-19 di kawasan itu dan mengatakan memadamkan virus di sana akan menguntungkan tetangganya, terutama karena varian omikron mengancam munculnya gelombang kasus baru.

Baca juga: Iran Bayar Kompensasi kepada Keluarga terkait Jatuhnya Pesawat Ukraina

"Dukungan Bank Dunia untuk respons covid-19 Iran akan membantu mengurangi krisis kemanusiaan yang sedang berlangsung di negara itu serta membatasi penyebaran penyakit di luar perbatasannya," kata juru bicara itu. Iran telah menderita hampir 132.000 kematian akibat covid-19 dan lebih dari 6,2 juta kasus, menurut data dari Universitas Johns Hopkins.

Juru bicara Bank Dunia mencatat bahwa distribusi dan pemasangan peralatan akan dilakukan di fasilitas kesehatan yang disetujui oleh Bank Dunia dan akan tunduk pada pemantauan dan verifikasi independen. (AFP/OL-14)

Baca Juga

SAUL LOEB / AFP

AS-Korsel Serukan Jaga Kawasan Indo-Pasifik Tetap Bebas dan Terbuka

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 17:46 WIB
Presiden AS Joe Biden dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol bersepakat kawasan Indo-Pasifik tetap bebas dan terbuka serta...
AFP/Nicholas Kamm.

Kepala HAM PBB akan Lakukan Perjalanan Penting ke Xinjiang Tiongkok

👤Nur AivanniĀ  🕔Sabtu 21 Mei 2022, 15:16 WIB
Misi selama enam hari Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia Michelle Bachelet itu menyusul permintaan bertahun-tahun untuk akses yang bermakna...
UKRAINIAN INTERIOR MINISTRY PRESS SERVICES/AFP.

8 Orang Terluka dalam Serangan Rusia di Pusat Budaya Ukraina

👤Nur AivanniĀ  🕔Sabtu 21 Mei 2022, 14:30 WIB
Gubernur regional Kharkiv Oleg Sinegubov mengatakan delapan orang terluka, termasuk seorang gadis berusia 11...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya