Jumat 19 November 2021, 21:35 WIB

Palestina Sambut Dukungan Resolusi PBB atas Kepemilikan Sumber Daya

Mediaindonesia.com | Internasional
Palestina Sambut Dukungan Resolusi PBB atas Kepemilikan Sumber Daya

AFP/Abbas Momani.
Riyad al-Malki.

 

MENTERI Luar Negeri Palestina Riyad al-Malki menyambut baik pemungutan suara PBB yang mendukung resolusi yang menegaskan kedaulatan negaranya atas sumber daya alam mereka, Jumat (19/11). 

Al-Malki menyambut dalam pernyataan pers hasil pengutuan suara Komite Kedua Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNGA) yang mendukung rancangan tentang Kedaulatan permanen rakyat Palestina di Wilayah Pendudukan Palestina, termasuk Jerusalem Timur dan penduduk Arab di Golan Suriah yang diduduki atas sumber daya alam mereka.

"Pemungutan suara mendukung resolusi ini menegaskan hak-hak rakyat Palestina dan kedaulatan mereka atas sumber daya alam mereka, termasuk sumber daya tanah, air, dan energi," katanya dalam pernyataan itu.

Baca juga: Inggris Bakal tetapkan Hamas sebagai Organisasi Teroris

Diplomat top Palestina itu meminta kekuatan pendudukan, Israel, untuk menghentikan eksploitasi, kerusakan, penyebab kehilangan atau penipisan dan membahayakan sumber daya alam Wilayah Pendudukan Palestina, termasuk Jerusalem Timur.

"Masyarakat internasional diharapkan bekerja untuk memaksa pendudukan menerapkan resolusi internasional dan memastikan kebebasan rakyat Palestina memperoleh keuntungan dari sumber daya alam mereka dan hak mereka untuk menuntut kompensasi untuk mengeksploitasi, merusak, kehilangan, menghabiskan atau membahayakan sumber daya alam mereka," ujarnya.

Dia berterima kasih kepada semua negara yang memberikan suara mendukung mosi tersebut dan meminta negara-negara yang memberikan suara menentangnya dan abstain dari pemungutan suara untuk mempertimbangkan kembali posisi mereka dengan mempertimbangkan ketentuan resolusi internasional mengenai memastikan dan menjamin hak-hak abadi dan abadi rakyat Palestina untuk tanah mereka.

Mosi tersebut disetujui dalam pemungutan suara yang terdiri dari 157 mendukung dan 7 menentang (Kanada, Israel, Kepulauan Marshall, Negara Federasi Mikronesia, Nauru, Palau, Amerika Serikat) dengan 14 abstain.

Komite UNGA menuntut kekuatan pendudukan, Israel, menghentikan eksploitasi, kerusakan, penyebab kehilangan atau penipisan dan membahayakan sumber daya alam di Wilayah Pendudukan Palestina, termasuk Yerusalem Timur, dan di Golan Suriah yang diduduki. 

Baca juga: Ratusan Selebritas Hollywood Kecam Israel Stempel Teroris Organisasi Palestina

Badan itu juga menyerukan kekuatan pendudukan Israel menghentikan semua tindakan, termasuk yang dilakukan oleh pemukim Israel, merusak lingkungan, termasuk pembuangan semua jenis bahan limbah, di Wilayah Pendudukan Palestina, termasuk Jerusalem Timur, dan wilayah pendudukan Golan Suriah yang mengancam sumber daya air dan tanah mereka, menimbulkan ancaman lingkungan, sanitasi, dan kesehatan bagi penduduk sipil.

Pengamat Tetap Palestina untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Riyad Mansour, mengatakan persetujuan rancangan tersebut mewakili komitmen jelas masyarakat internasional terhadap hukum internasional dan hak-hak Palestina dan rakyat Golan Suriah atas sumber daya alam mereka.

Dia menambahkan meminta masyarakat internasional untuk menuntut diakhirinya pendudukan Israel atas tanah Palestina. Ia menekankan bahwa tindakan yang kuat diperlukan untuk membawa Israel sejalan dengan kewajiban hukum dan resolusi PBB. (Wafa/OL-14)

Baca Juga

MI/SUSANTO

MUI Tandatangani MoU Pembangunan Rumah Sakit Indonesia Hebron Palestina 

👤Niken Riwu  🕔Senin 29 November 2021, 21:50 WIB
Penandatanganan MoU pembangunan RSIH bertepatan dengan Hari Solidaritas untuk Rakyat Palestina yang diperingati setiap 29...
AFP/Mohammed Abed.

Empat Pabrik Palestina Boleh Jual Produk ke Eropa dan Israel

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 29 November 2021, 21:30 WIB
Pabrik-pabrik itu menjalani pengujian komprehensif selama beberapa bulan sehingga mereka dapat mematuhi Lembaga...
MI/SUSANTO

Dubes Palestina Ucapkan Terima Kasih ke Indonesia

👤Niken Riwu 🕔Senin 29 November 2021, 21:11 WIB
"Indonesia tentu saja yang sejak pertama memberikan (dukungan) dari hati mereka dan selalu bersama Palestina dari semua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya