Selasa 05 Oktober 2021, 08:58 WIB

Tiongkok Kirim 56 Jet ke Zona Pertahanan Taiwan

Nur Aivanni | Internasional
Tiongkok Kirim 56 Jet ke Zona Pertahanan Taiwan

AFP
Ilustrasi Jet tempur

 

TAIWAN mendesak Beijing untuk menghentikan tindakan provokatif yang tidak bertanggung jawab setelah 56 pesawat tempur Tiongkok menyeberang ke zona pertahanan udaranya pada Senin (4/10).

Kementerian Pertahanan mengatakan pihaknya mengerahkan pesawat untuk menyiarkan peringatan setelah 36 jet tempur, 12 pembom berkemampuan nuklir H-6 dan empat pesawat lainnya memasuki zona identifikasi pertahanan udara barat daya (ADIZ).

Empat pesawat tempur lagi, tambah kementerian itu, memasuki zona itu dalam serangan mendadak pada malam hari, sehingga totalnya menjadi 56 pesawat.

Mainland Affairs Council (MAC), badan pembuat kebijakan utama Tiongkok di Taiwan menuduh Beijing secara serius merusak status quo perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan dengan serangkaian serangan baru-baru ini.

"Kami menuntut pihak berwenang Beijing segera menghentikan tindakan provokatif yang tidak damai dan tidak bertanggung jawab," kata Juru Bicara MAC Chiu Chui-cheng dalam sebuah pernyataan.

"Tiongkok adalah biang keladi yang menyebabkan ketegangan antara kedua sisi Selat (Taiwan) dan semakin mengancam keamanan dan ketertiban regional," tambahnya dengan mengatakan Taiwan tidak akan pernah berkompromi dan menyerah pada ancaman.

Baca juga: Antisipasi Serangan Tiongkok, Jet Tempur Taiwan Mendarat di Jalan Raya

ADIZ tidak sama dengan wilayah udara teritorial Taiwan tetapi mencakup area yang jauh lebih besar yang tumpang tindih dengan bagian dari zona identifikasi pertahanan udara Tiongkok sendiri dan bahkan mencakup beberapa daratan.

Taiwan yang demokratis dengan pemerintahan sendiri hidup di bawah ancaman invasi terus-menerus oleh Tiongkok, yang memandang pulau itu sebagai wilayahnya dan berjanji suatu hari akan merebutnya, dengan paksa jika perlu.

Dalam dua tahun terakhir, Beijing telah mulai mengirim serangan mendadak besar-besaran ke zona pertahanan Taiwan untuk menandakan ketidakpuasan pada momen-momen penting dan untuk membuat armada tempur Taipei terus tertekan.

Hampir 150 pesawat tempur Tiongkok telah melanggar ADIZ Taiwan sejak Jumat ketika Beijing menandai Hari Nasionalnya dengan pertunjukan kekuatan udara terbesarnya, yang memenuhi pulau itu dengan 38 pesawat.

Itu diikuti oleh serangan lain oleh 39 pesawat pada Sabtu, yang memicu kritik dari Washington.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price menegaskan kembali pada Senin bahwa Amerika Serikat sangat prihatin dengan langkah provokatif Beijing.

"Kegiatan ini mengacaukan, ini berisiko salah perhitungan dan merusak perdamaian dan keamanan regional," kata Price kepada wartawan.

"Kami sangat mendesak Beijing untuk menghentikan tekanan dan paksaan militer, diplomatik dan ekonominya terhadap Taiwan," ucapnya.(AFP/OL-5)

Baca Juga

MI/ M IRFAN

Duta Besar RI di Swiss Berupaya Maksimal Bantu Pencarian Eril

👤Bayu Anggoro 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 19:10 WIB
KBRI berkoordinasi dengan beberapa pihak, di antaranya kepolisian, rumah sakit, unit gawat darurat, serta hotel untuk mengetahui keberadaan...
AFP/Mehdi Marizad/Fars News.

Yunani Protes Pembajakan Iran atas Dua Kapal Tankernya

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 19:01 WIB
Langkah itu dilakukan di tengah perselisihan antara kedua negara mengenai nasib kargo minyak Iran di atas kapal tanker berbendera Rusia...
AFP/Hazem Bader.

Inggris Minta Israel Selidiki Penembakan terhadap Anak Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 18:50 WIB
Ia menjadi anak kelima yang ditembak dan dibunuh oleh tembakan tentara Israel yang tak terkendali pada bulan ini dan yang ke-13 sejak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya