Minggu 25 Juli 2021, 18:18 WIB

Peduli Lingkungan, Pakai Kantong Plastik yang Terurai Menjadi Kompos

Mediaindonesia.com | Internasional
Peduli Lingkungan, Pakai Kantong Plastik yang Terurai Menjadi Kompos

DOK Pribadi.
Penggunaan kantong plastik ramah lingkungan untuk daging kurban.

 

MENURUT data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, jumlah timbulan sampah Indonesia pada 2016 mencapai 66 juta ton/tahun. Salah satu jenis sampah yang paling sulit terurai berasal dari plastik yang bertahan hingga 400 tahun. Total timbulan sampah plastik 16% dari total timbulan sampah nasional.

Untuk itu, banyak pihak kini berupaya membantu pemerintah dalam mengurangi sampah plastik, salah satunya Sinar Joyoboyo Plastik. Pabrik plastik yang berpengalaman lebih dari 25 tahun tersebut kini berinovasi dengan mengembangkan produk yang ramah lingkungan Idola+ Compostable Bag. Ini merupakan produk kemasan yang revolusioner yang diharapkan bisa menjawab tantangan terkait permasalahan lingkungan.

Idola+ Compostable Bag ialah kantong plastik ramah lingkungan yang kuat, tahan panas, juga tidak berbau untuk mengemas makanan. Keunggulan utama produk kantong plastik itu yakni mudah terurai menjadi kompos. Hal ini tentu sangat membantu mengurangi penumpukan limbah plastik di tempat pembuangan akhir (TPA).

Marketing Manager Sinar Joyoboyo Plastik Himawan Wijaya dalam keterangan resmi, Minggu (25/7), menjelaskan produk kemasannya benar-benar ramah lingkungan. "Saat terurai tidak menjadi mikroplastik, tetapi Idola+ Compostable Bag terurai menjadi kompos dalam waktu 180 hari tergantung pada kondisi tanah, kelembapan, sinar matahari, dan mikroba. Proses degradasi kantong ini mendapatkan sertifikasi dari TUV Rheinland Austria, sehingga dapat dipastikan benar-benar ramah lingkungan."

Selain itu, Idola+ Compostable Bag, lanjutnya, mengantongi sertifikasi Halal. Pihaknya menjamin kepada masyarakat bahwa produk kami diproses secara higienis danterbuat dari bahan baku yang aman digunakan untuk kemasan makanan. Sinar Joyoboyo Plastik selama tujuh tahun ini membuktikan komitmennya melalui kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dengan membagikan  plastik ramah lingkungan bersertifikasi Halal MUI kepada masjid-masjid, terutama masjid terbesar di Indonesia, Masjid Istiqlal, pada saat Hari Raya Iduladha untuk digunakan sebagai wadah pembungkus daging kurban.

Baca juga: Penanganan Sampah Laut Jadi Tanggung Jawab Bersama

Menurutnya, penggunaan kantong plastik ramah lingkungan merupakan pilihan tepat bagi setiap pelaku bisnis dan pemakaian sehari-hari sebagai salah satu bentuk kepedulian kita menjaga kelestarian lingkungan untuk generasi selanjutnya. Idola+ Compostable Bag dapat diperoleh melalui marketplace Tokopedia dan Shopee di store Sinar Joyoboyo Plastik. Bagi pelaku usaha yang ingin mengembangkan kemasan ramah lingkungan compostable-nya dengan bentuk ataupun desain khusus dapat menghubungi Sinar Joyoboyo Plastik di inquiry@sinarjoyoboyo.com. (OL-14)

Baca Juga

nytimes.com

10 Ribu Migran Mayoritas dari Haiti Tinggal di Bawah Jembatan Texas

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 16:48 WIB
Lebih dari 10.000 migran sebagian besar warga Haiti ditempatkan di sebuah kamp kumuh di bawah jembatan di Texas selatan pada Jumat...
BULENT KILIC / AFP

Taliban Larang Anak Perempuan Kembali ke Sekolah Menengah

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 18 September 2021, 16:16 WIB
Sekolah menengah, dengan siswa biasanya berusia antara 13 dan 18 tahun, sering dipisahkan berdasarkan jenis kelamin di...
AFP

Presiden Argentina Umumkan Kabinet Baru Pascakrisis Politik

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 18 September 2021, 15:05 WIB
Langkah Alberto Fernandez bertujuan meredam krisis politik di Argentina, yang dipicu pemilihan pendahuluan legislatif pada pekan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ramai-Ramai Abai Laporkan Kekayaan

KPK mengungkap kepatuhan para pejabat membuat LHKPN tahun ini bermasalah. Akurasinya juga diduga meragukan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya