Sabtu 17 Juli 2021, 23:24 WIB

Manny Pacquiao Tergusur dari Kursi Presiden Partai Berkuasa Filipina

Mediaindonesia.com | Internasional
Manny Pacquiao Tergusur dari Kursi Presiden Partai Berkuasa Filipina

AFP
Petinju asal Filipina Manny Pacquiao.

 

Senator dan bintang tinju Filipina, Emmanuel "Manny" Pacquiao, tergusur dari posisinya sebagai pemimpin partai berkuasa di negara itu pada Sabtu, setelah beberapa pekan menantang Presiden Rodrigo Duterte atas posisinya terhadap China dan kinerjanya dalam pemberantasan korupsi.

Pacquiao, 42 tahun, yang dianggap sebagai calon pesaing untuk menggantikan Duterte dalam pemilihan presiden tahun depan, telah lama menjadi pendukung kuat Duterte.

Dia berada di belakang Duterte dalam perang berdarah melawan narkoba dan mendukung usulan sang presiden untuk menerapkan kembali hukuman mati.

Namun hubungan mereka merenggang bulan lalu setelah Pacquiao mencerca "sikap lunak" Duterte terhadap agresivitas China di Laut China Selatan. Dia juga mengatakan akan menyelidiki korupsi di pemerintahan.

Sebuah faksi di partai berkuasa yang dipimpin Menteri Energi Alfonso Cusi, sekutu dekat Duterte, menyerukan pemungutan suara dalam Sidang Umum Nasional, Sabtu. Cusi akhirnya terpilih sebagai presiden partai.

Pemungutan suara dilakukan karena petinggi partai berkuasa itu sudah melewati batas dua tahun masa kepemimpinannya, kata Melvin Matibag, deputi sekretaris jenderal Partai PDP-Laban, kepada pers.

Duterte, yang tetap menjabat ketua, mengatakan dalam pidato di depan sidang bahwa partainya tetap "kuat seperti biasa dan... bersatu untuk lebih mengonsolidasikan barisan kita hingga akhir jabatan saya dan masa berikutnya".

Pacquiao mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa partai harus fokus untuk mencegah sebaran varian Delta yang lebih menular.

"Jika Cusi dan lainnya berpikir bahwa politik lebih penting saat ini, itu terserah mereka."

Juara tinju delapan kali kelas welter itu tengah berada di AS untuk berlatih menghadapi perebutan gelar kelas welter dan belum mengumumkan pencalonannya sebagai presiden.

Dia dilantik sebagai presiden partai pada Desember lalu. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP/Jaafar Ashtiyeh.

Kembali Warga Palestina Tewas Ditembak Israel

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 13:45 WIB
Seorang juru bicara militer Israel mengatakan kepada AFP bahwa pihaknya akan mengomentari insiden tersebut pada Minggu...
AFP/Kena Betancur.

Indonesia Tolak Tuduhan Vanuatu di PBB soal Pelanggaran HAM Papua

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 26 September 2021, 12:05 WIB
Perdana Menteri Vanuatu Bob Loughman Weibur menyinggung masalah pelanggaran hak asasi manusia di dunia yang masih terjadi secara luas dalam...
Aamir QURESHI / AFP

PM Pakistan Serukan Kerja Sama dengan Taliban, PM India Bereaksi

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 26 September 2021, 10:09 WIB
Perdana Menteri (PM) Pakistan Imran Khan menuduh pemerintah India melakukan teror terhadap umat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya