Rabu 05 Mei 2021, 07:31 WIB

Militer Sebut 2-6% Pasukan AS Telah Ditarik dari Afghanistan

Nur Aivanni | Internasional
Militer Sebut 2-6% Pasukan AS Telah Ditarik dari Afghanistan

Afghanistan's Ministry of Defence office / AFP
Pasukan AS bersama Tentara Nasional Afghanistan bergabung di kamp Antonik, Provinsi Helmand 2 Mei 2021 sebelum pasuka AS meninggalkan kamp

 

AMERIKA Serikat telah menyelesaikan dua hingga enam persen penarikan pasukannya dari Afghanistan, setara dengan 60 pesawat kargo yang sejauh ini telah dipindahkan sebelum tenggat waktu pada September. Komando Pusat AS mengatakan 1.300 peralatan telah dikirim untuk dihancurkan dan satu fasilitas di provinsi Helmand telah dialihkan ke tentara Afghanistan sejak pengumuman penarikan dari Presiden Joe Biden pada 14 April.

Militer AS akan menerbitkan update mingguan tentang penarikan tersebut, termasuk tentang mundurnya pasukan dan peralatan serta menyerahkan peralatan dan fasilitas kepada pasukan keamanan Afghanistan.

Pasukan Afghanistan menghadapi peningkatan serangan pemberontak dalam beberapa hari terakhir di Helmand, di mana Amerika Serikat pada Minggu menyerahkan pangkalan Antonik sebagai bagian dari penarikan resmi yang dimulai pada 1 Mei.

AS telah meremehkan pertempuran terbaru itu dan mengatakan bahwa proses penarikan tersebut tidak terpengaruh ketika mereka menarik 2.500 pasukan terakhirnya dari negara itu.

Para pemimpin militer AS telah menimbulkan kekhawatiran bahwa pemerintah Kabul akan jatuh ke tangan Taliban setelah penarikan itu. Mereka juga mengatakan pemberontak sekarang menguasai lebih banyak wilayah Afghanistan daripada 10 tahun lalu. (AFP/OL-3)

 

 

Baca Juga

euronews.com

Jumlah Infeksi Covid-19 di India Tembus 24 Juta Kasus

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 15 Mei 2021, 03:15 WIB
Jumlah infeksi COVID-19 yang tercatat di India naik melampaui 24 juta kasus pada Jumat...
pink.pharmaintelligence.informa.com

Inggris Lakukan Adaptasi di Lokasi Kemunculan Virus Varian India

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 15 Mei 2021, 00:43 WIB
Guna melindungi masyarakatnya dengan lebih cepat di area-area tempat kemunculan virus korona varian India, kata menteri urusan...
AFP

Tiongkok Nilai AS Abaikan Penderitaan Palestina

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 14 Mei 2021, 18:38 WIB
AS memblokir pertemuan Dewan Keamanan PBB yang semula dijadwalkan pada Jumat waktu setempat, meski pertumpahan darah Israel-Palestina...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya