Jumat 16 April 2021, 20:36 WIB

Kebahagiaan Warga Palestina Datangi Masjid Al-Aqsa saat Ramadan

Mediaindonesia.com | Internasional
Kebahagiaan Warga Palestina Datangi Masjid Al-Aqsa saat Ramadan

AFP/Ahmad Gharabli.
Seorang pria menyemprot orang Palestina dengan air untuk mendinginkan mereka saat berkumpul untuk mengambil bagian dalam salat Jumat.

 

RIBUAN warga Palestina berduyun-duyun ke masjid Al-Aqsa di Yerusalem timur pada Jumat (16/4) pertama bulan suci Ramadan. Yerusalem timur merupakan daerah yang dicaplok Israel.

Kepala Dewan Urusan Waqf Islam Sheikh Azzam al-Khatib mengatakan kepada AFP sekitar 70 ribu jemaah datang dari Yerusalem, Tepi Barat yang diduduki Israel, dan komunitas Arab di Israel. Ramadan lalu, "Mereka (otoritas Israel) tidak mengizinkan siapa pun memasuki Al-Aqsa kecuali saya," katanya.

Cogat, badan militer Israel yang mengelola Tepi Barat, mengatakan 10 ribu warga Palestina yang divaksinasi telah diberi izin tahun ini untuk memasuki Yerusalem untuk salat. Polisi menutup jalan di sekitar Yerusalem saat bus yang penuh dengan peziarah masuk.

 

Di dalam masjid Al-Aqsa, pria dan wanita Palestina duduk di lantai berkarpet, membaca kitab suci Al-Qur'an. Saat salat berakhir, jemaah berjalan keluar dari kompleks suci dengan sajadah terlipat dan tersampir di bahu mereka.

Daoud Salhab, 67, dari Yerusalem timur, menyebutnya hari emas setelah tiada acara pada Ramadan tahun lalu. Penduduk Yerusalem lain, Majd Abu Myyaly, 27, mengatakan dia telah menerima vaksin melawan covid-19 yang membantu menurunkan tingkat infeksi di Israel.

Namun, bibinya di dekat Ramallah di Tepi Barat, ditolak Israel untuk masuk ke Yerusalem untuk berdoa. "Ini sulit," katanya. "Setiap Ramadan, dia mendapat izin, tapi tidak tahun ini." (OL-14)

Baca Juga

Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Iriana Jokowi Serahkan Bantuan kepada Rumah Sakit di Kyiv

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 29 Juni 2022, 19:24 WIB
"Semoga peperangan ini segera berakhir karena sangat merinding saya melihatnya,"...
Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Melihat langsung Dampak Perang, Raut Sedih Presiden Tergambar di Irpin

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 29 Juni 2022, 18:19 WIB
"Sangat menyedihkan sekali melihat banyak rumah-rumah yang rusak kemudian juga infrastruktur yang rusak,” ucap Presiden...
ANTARA/Galih Pradipta

Kemenlu Pelajari Laporan Belasan WNI Meninggal di Tahanan Malaysia

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 29 Juni 2022, 18:10 WIB
Seluruh data tersebut akan ditelusuri dan dimintakan penjelasan dari otoritas di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya