Kamis 08 April 2021, 20:49 WIB

Tiongkok Tuding Balik AS Menghambat Penelitian Covid-19

Mediaindonesia.com | Internasional
Tiongkok Tuding Balik AS Menghambat Penelitian Covid-19

Hector RETAMAL / AFP
Wuhan Institute of Virology di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok, dituduh sebagai sumber kebocoran virus korona.

 

Tiongkok menuding balik Amerika Serikat (AS) yang menghambat penelitian mengenai asal-usul Covid-19. "Penelusuran asal-usul Covid-19 memang terhalang oleh (faktor) politis, bukan dari Tiongkok, melainkan dari negara-negara tertentu, termasuk AS," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok (MFA) Zhao Lijian di Beijing, Kamis (8/4).

Pernyataan yang disampaikan dalam pengarahan pers rutin tersebut untuk menanggapi surat terbuka yang ditulis oleh 24 ilmuwan dan peneliti dari Eropa, AS, Australia dan Jepang mengenai penyelidikan baru tentang asal-usul Covid-19.

Dalam surat terbuka itu, para ilmuwan dan peneliti mengkritik hasil penelitian tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bekerja sama dengan tim Tiongkok karena dianggap tidak memiliki kredibilitas dalam menjawab awal mula terjadinya pandemi Covid-19.

Zhao menganggap penyelidikan tersebut memang ternoda oleh faktor politis, namun bukan dari pihak Tiongkok, melainkan oleh beberapa individu dari berbagai negara, termasuk AS. "Tujuan dari surat terbuka itu dengan sendirinya telah menjadi bukti," ujarnya.

Menurut dia, beberapa individu yang mempolitisasi penelitian tersebut telah mengganggu kerja sama Tiongkok dengan WHO.

Sebelumnya WHO telah mengeluarkan laporan mengenai hasil penelitiannya di Wuhan, Provinsi Hubei, sebagai kota pertama ditemukannya kasus Covid-19.

Dalam laporan yang dirilis pada 30 Maret 2021, WHO menyebutkan tidak menemukan jawaban atas asal-usul Covid-19 di Tiongkok.

WHO juga mengabaikan dugaan kebocoran virus dari laboratorium biologi di Wuhan dan merekomendasikan penelitian lebih lanjut mengenai penularan virus antara hewan dan manusia dan penularan melalui makanan beku. (T.M038)

Baca Juga

Steve Parsons / POOL / AFP

Ratu Elizabeth Ucapkan Salam Perpisahan untuk Pangeran Philip

👤¬†Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 17 April 2021, 11:28 WIB
Ratu Elizabeth akan mengucapkan salam perpisahan kepada suaminya, Pangeran Philip, dalam upacara pemakaman yang digelar pada Sabtu...
MANDEL NGAN / AFP

Elon Musk Siap Kuasai Bisnis Luar Angkasa, Jeff Bezos Gigit Jari

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 17 April 2021, 10:02 WIB
Elon Musk mengalahkan Jeff Bezos dalam tender pembangunan pesawat ruang angkasa untuk NASA dengan nilai kontrak Rp42,1...
AFP/SILVIO AVILA

Dampak Covid-19, Brasil Imbau Wanita di Negaranya Tunda Kehamilan

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 17 April 2021, 08:54 WIB
Brasil mengimbau wanita di negaranya untuk menunda kehamilan sampai pandemi covid-19 terburuk berlalu setelah muncul varian...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya