Kamis 08 April 2021, 09:41 WIB

Belgia Khususkan Vaksin AstraZeneca untuk Warga di Atas 55 Tahun

Basuki Eka Purnama | Internasional
Belgia Khususkan Vaksin AstraZeneca untuk Warga di Atas 55 Tahun

AFP/JOEL SAGET
Botol berisi vaksin covid-19 AstraZeneca

 

BELGIA, Rabu (7/4), mengumumkan membatasi penggunaan vaksin covid-19 AstraZeneca khusus bagi warga yang berusia 55 tahun ke atas setelah Badan Obat-Obatan Eropa (EMA) menyebut vaksin itu bisa menyebabkan pengentalan darah, meski jarang.

Penghentian vaksinasi covid-19 menggunakan vaksin AstraZeneca bagi warga berusia antara 18 dan 55 tahun didasarkan pada penemuan ilmiah, ujar Kementerian Kesehatan Belgia.

Warga yang berusia di antara 18 dan 55 tahun, imbuh kementerian itu, akan mendapatkan suntikan vaksin Pfizer/BioNTech atau Moderna.

Baca juga: Untuk Pertama Kalinya, Prancis Mengemas Vaksin Pfizer

Berbeda dengan negara-negara Uni Eropa lainnya, Belgia tidak pernah membatasi penggunaan vaksin covid-19 AsstraZeneca, sembari menunggu rekomendasi dari EMA.

Meski begitu, pemerintah Belgia menegaskan keputusan itu tidak akan mempengaruhi kampanye vaksinasi covid-19 yang telah berjalan mengingat mayoritas lansia di negara itu telah divaksin.

Menjelaskan keputusan terkait vaksin AstraZeneca, Kementerian Kesehatan Belgia mengungkapkan bahwa vaksin itu secara signifikan menurunkan risiko dirawat di rumah sakit bagi warga yang berusia 55 tahun ke atas.

Untuk mereka yang berusia di bawah itu, vaksin AstraZeneca tetap bermanfaat namun vaksin alternatif telah ada dan memiliki rasio manfaat/risiko yang lebih baik. (AFP/OL-1)

 

Baca Juga

AFP

Kasus Covid-19 Melonjak, Turki Berlakukan Lockdown Sebagian

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 14 April 2021, 13:23 WIB
Presiden Turki Tayyip Erdogan mengumumkan pengetatan pembatasan untuk mengekang peningkatan kasus Covid-19 selama dua minggu...
AFP/AL AS.

Pemerintah AS akan Lanjutkan Penjualan Senjata ke UEA

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 14 April 2021, 13:22 WIB
Sebelumnya, Pemerintah AS menghentikan sementara kesepakatan yang disetujui oleh mantan Presiden Donald Trump untuk...
AFP/Ozan KOSE

Selama Ramadan, Turki Perketat Pembatasan Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 14 April 2021, 11:43 WIB
Penambahan 59.187 kasus baru dan 273 kematian yang dilaporkan pada Selasa (13/4) merupakan yang tertinggi sejak pandemi mencapai Turki,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya