Kamis 08 April 2021, 09:41 WIB

Belgia Khususkan Vaksin AstraZeneca untuk Warga di Atas 55 Tahun

Basuki Eka Purnama | Internasional
Belgia Khususkan Vaksin AstraZeneca untuk Warga di Atas 55 Tahun

AFP/JOEL SAGET
Botol berisi vaksin covid-19 AstraZeneca

 

BELGIA, Rabu (7/4), mengumumkan membatasi penggunaan vaksin covid-19 AstraZeneca khusus bagi warga yang berusia 55 tahun ke atas setelah Badan Obat-Obatan Eropa (EMA) menyebut vaksin itu bisa menyebabkan pengentalan darah, meski jarang.

Penghentian vaksinasi covid-19 menggunakan vaksin AstraZeneca bagi warga berusia antara 18 dan 55 tahun didasarkan pada penemuan ilmiah, ujar Kementerian Kesehatan Belgia.

Warga yang berusia di antara 18 dan 55 tahun, imbuh kementerian itu, akan mendapatkan suntikan vaksin Pfizer/BioNTech atau Moderna.

Baca juga: Untuk Pertama Kalinya, Prancis Mengemas Vaksin Pfizer

Berbeda dengan negara-negara Uni Eropa lainnya, Belgia tidak pernah membatasi penggunaan vaksin covid-19 AsstraZeneca, sembari menunggu rekomendasi dari EMA.

Meski begitu, pemerintah Belgia menegaskan keputusan itu tidak akan mempengaruhi kampanye vaksinasi covid-19 yang telah berjalan mengingat mayoritas lansia di negara itu telah divaksin.

Menjelaskan keputusan terkait vaksin AstraZeneca, Kementerian Kesehatan Belgia mengungkapkan bahwa vaksin itu secara signifikan menurunkan risiko dirawat di rumah sakit bagi warga yang berusia 55 tahun ke atas.

Untuk mereka yang berusia di bawah itu, vaksin AstraZeneca tetap bermanfaat namun vaksin alternatif telah ada dan memiliki rasio manfaat/risiko yang lebih baik. (AFP/OL-1)

 

Baca Juga

AFP/Tolla Akmen

Parlemen Inggris akan Berikan Penghormatan untuk Pangeran Phillip

👤Nur Aivanni 🕔Senin 12 April 2021, 16:16 WIB
Parlemen di London, Cardiff, Edinburgh dan Belfast, Inggris, akan berkumpul untuk memberikan penghormatan kepada Pangeran...
AFP

Salip Brasil, India Jadi Negara Kasus Covid-19 Tertinggi Kedua

👤Nur Aivanni 🕔Senin 12 April 2021, 16:09 WIB
Jumlah kasus positif covid-19 di India sudah mencapai 13,53 juta orang. Sementara itu, Brasil mencatatkan 13,48 juta kasus dan Amerika...
Noel CELIS / AFP

Alibaba Terima Denda yang Dikenakan Otoritas Tiongkok

👤Nur Aivanni 🕔Senin 12 April 2021, 15:59 WIB
Regulator Tiongkok mengenakan denda $ 2,8 miliar setelah penyelidikan menetapkan bahwa mereka telah menyalahgunakan posisi pasarnya selama...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya