Selasa 30 Maret 2021, 11:21 WIB

Kuba Uji Vaksin Covid-19 Kedua pada Pekerja Kesehatan

Basuki Eka Purnama | Internasional
Kuba Uji Vaksin Covid-19 Kedua pada Pekerja Kesehatan

AFP/ADALBERTO ROQUE
Pekerja kesehatan menunjukkan vaksin covid-19 Soberana 2 di Havana, Kuba.

 

KUBA mulai memvaksinasi puluhan ribu tenaga kesehatan dengan vaksin covid-19 kedua, Senin (29/3), meski belum selesai melakukan uji klinis.

Pekan lalu, Kuba mulai memvaksinasi 150 ribu tenaga kesehatan dengan vaksin Soberana 2 yang masih di fase ketiga uji klinis.

Pada Senin (29/3), negara pulau itu mulai menyuntikan vaksin Abdala kepada 124 ribu tenaga kesehatan. Abdala juga masih di fase ketiga uji klinis.

Baca juga: GSK akan Produksi 60 Juta Vaksin Novavax untuk Inggris

Kuba juga tengah menyiapkan dua vaksin covid-19 lainnya yaitu Mambisa dan Soberana 1. Saat ini, kedua vaksin itu masih di fase 1 dan fase 2.

"Studi terkendali vaksin Abdala disetujui otoritas kesehatan Kuba pada 27 Maret dan hari ini, Senin (29/3), kami mulai melakukan vaksinasi," ujar Direktur Sains dan Inovasi BioCubaFarma Rolando Perez.

Warga Kuba yang berusia antara 19 tahun dan 80 tahun serta berisiko tinggi covid-19 ambil bagian dalam studi itu sementara 48 ribu relawan ambil bagian dalam uji klinis fase 3 vaksin Abdala.

Pemerintah Kuba berencana memulai secara resmi kampanye vaksinasi mereka pada Juni mendatang. Saat itu, Havana berharap menjadi negara Amerika Latin pertama yang memiliki dan memproduksi sendiri vaksin covid-19 di AMreika Selatan.

Kuba terpaksa mengembangkan sendiri vaksin untuk keperluan dalam negeri sejak 1980-an akibat sanksi pemerintah Amerika Serikat (AS) yang dimulai pada 1962.

Negara berpenduduk 11,2 juta jiwa itu relatif aman dari covid-19 dengan mencatatkan 73 ribu kasus dan 417 kematian. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/STR

Jenderal Sudan Lakukan Kudeta

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 04:40 WIB
"Untuk mengembalikan revolusi ke jalurnya, kami memutuskan untuk menyatakan negara dalam keadaan darurat, membubarkan komisi...
AFP/Khamenei.ir.

Khamenei: Negara Arab Berdosa Normalisasi Hubungan dengan Israel

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Oktober 2021, 21:38 WIB
Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan, dan Maroko sepakat menormalkan hubungan dengan Israel pada...
AFP/Bandar Al-Jaloud.

Mantan Mata-Mata Saudi Tuding MBS Kirim Tim untuk Membunuhnya

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Oktober 2021, 21:16 WIB
Seorang teman di dinas intelijen Timur Tengah, katanya, memperingatkan bahwa dia bisa menghadapi nasib yang mirip dengan pembangkang dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya