Jumat 22 Januari 2021, 21:24 WIB

Perdana Menteri Australia Tidak Gentar dengan Ancaman Google

Insi Nantika Jelita | Internasional
Perdana Menteri Australia Tidak Gentar dengan Ancaman Google

Adam TAYLOR / PRIME MINISTER OFFICE AUSTRALIA / AFP
Perdana Menteri Australia Scott Morrison

 

PERDANA Menteri Australia Scott Morrison membalas gertakan Google untuk menghentikan layanan karena rencana pengesahan undang-undang yang mengharuskan pembagian royalti dengan perusahaan media. Menurutnya Australia akan tetap mengesahkan aturan tersebut.

"Biar saya perjelas, Australia membuat aturan apa saja yang dapat Anda lakukan di negara ini. Itu dilakukan di parlemen kami. Kami tidak menanggapi ancaman itu," katanya kepada wartawan.

Dengan aturan yang itu, Australia akan mengikat Google dan Facebook agar bernegosiasi dengan perusahaan media terkait nilai konten berita.

Baca juga: Tolak Aturan Royalti, Google Ancam Setop Layanan di Australia

Kritik datang terhadap kedua perusahaan teknologi itu karena dinilai mendominasi bisnis periklanan online, hal itu membuat penerbit berita Australia terjepit. Pemerintah setempat menyebut, pendapatan media cetak di Australia dari iklan menurun 75% sejak 2005.

Sebelumnya, pada sidang Senat di Canberra pada Jumat (22/1), Managing Director Google (GOOGL) Australia Mel Silva mengatakan draf undang-undang tersebut dianggap tidak bisa dijalankan dan akan mematahkan jutaan pengguna mencari konten secara online.

"Jika aturan ini menjadi undang-undang, itu tidak akan memberi kami pilihan nyata selain berhenti menyediakan Google Penelusuran di Australia," katanya dilansir CNN (22/1).

"Itu akan menjadi hasil yang buruk tidak hanya bagi kami, tetapi juga bagi masyarakat Australia, keragaman media, dan bisnis kecil yang menggunakan Google Penelusuran," tambahnya.(CNN/OL-4)

Baca Juga

AFP

Tiongkok Luncurkan Paspor Virus

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 09 Maret 2021, 18:34 WIB
Fasilitas pertama di dunia itu memudahkan warga Tiongkok untuk bepergian ke luar negeri. Sebab, mencakup status vaksinasi dan hasil tes...
dok.mi

Vaksin Covid-19 Pfizer Mampu Lawan Varian Brasil

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 09 Maret 2021, 16:15 WIB
HASIL studi laboratorium yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menyebutkan vaksin covid-19 Pfizer dan BioNTech mampu...
AFP

Besok, DPR akan Ambil Keputusan Terkait Paket Bantuan Covid-19

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 09 Maret 2021, 15:47 WIB
Demokrat bertujuan untuk memberlakukan undang-undang besar-besaran pada Minggu, saat tunjangan pengangguran federal yang dinaikkan akan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya