Jumat 20 November 2020, 01:00 WIB

KBRI Addis Ababa Hadirkan Forum Bisnis

KBRI Addis Ababa Hadirkan Forum Bisnis

Dok. MI/Pius Erlangga
Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika, AlBusyra Basnur,

 

POTENSI kerja sama ekonomi Indonesia dengan negara-negara Afrika saat ini sangat besar karena Afrika ialah tempat strategis dan pasar yang sangat menjanjikan untuk berdagang atau berinvestasi.

Karena jumlah penduduk Afrika mencapai 1,3 miliar, pertumbuhan ekonomi juga di benua itu juga tinggi dan negara-negara di Afrika juga mendapat banyak kemudahan ekspor oleh berbagai negara maju Eropa dan Amerika.

Namun, untuk memanfaatkan pasar besar Afrika, pengusaha atau pelaku bisnis Indonesia dianjurkan sebaiknya datang untuk melihat langsung potensi Afrika, jangan hanya mendengar kata orang atau kabar dari jauh. Melihat langsung akan membuat percaya untuk kemudian memulai usaha.

Topik mengenai bisnis di Afrika itu mengemuka dalam Bisnis Forum virtual bertajuk ‘Menuju Pasar Afrika, Perspektif dan Pengalaman Pelaku Bisnis Indonesia di Afrika’, yang dipandu oleh Evita Chaesara, seorang diplomat muda Indonesia.

Forum tersebut diselenggarakan oleh Kedutaan Besar RI Addis Ababa bekerja sama dengan Direktorat Afrika, Kementerian Luar Negeri RI, Rabu (18/11) waktu setempat.

Hadir sebagai pembicara ialah Irman Adi Purwanto Moefthi selaku Atase Perdagangan RI di Kairo lalu Bagus Wicaksena sebagai Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Nigeria dan Anggun Paramita Mahdi selaku Kepala ITPC Johannesburg, Afrika Selatan.

Sementara itu, pembicara pelaku bisnis Indonesia di Ethiopia adalah Rudy Dharmawan, General Manager Salim Wazaran Yahya Plc anak perusahaan Indofood Sukses Makmur Tbk, dan Adrianto Juliar Salam selaku Deputy General Manager Salim Wazaran Yahya Plc.

Ketika membuka secara resmi forum bisnis tersebut, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika, AlBusyra Basnur, mengatakan forum yang dihadiri sekitar 180 orang dari berbagai daerah Indonesia tersebut bertujuan mendorong pelaku bisnis Indonesia untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dengan negara-negara Afrika.

“Pada 2019, terdapat enam negara di Afrika yang masuk ke 10 negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, yaitu Rwanda 8,7%, Ethiopia 7,4%, Pantai Gading 7,4%, Ghana 7,1%, Tanzania 6,8% dan Benin 6,7%,” kata Al Busyra. (Hym/X-11)

 

Baca Juga

Handout / NEW ZEALAND DEFENCE FORCE / AFP

PBB Siapkan Bantuan Pascatsunami untuk Tonga

👤 Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 19 Januari 2022, 09:26 WIB
PBB akan melakukan sebagian besar operasi dari jarak jauh, dan mungkin tidak mengirim personel ke pulau...
AFP/Handout / MINISTRY OF DEFENCE REPUBLIC OF BELARUS

AS Khawatir Hadirnya Pasukan Rusia di Belarus Bisa Perkenalkan Senjata Nuklir

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 19 Januari 2022, 08:24 WIB
Pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan jumlah pasukan Rusia yang tiba di Belarus melampaui apa yang mereka perkirakan...
AFP/Bertha WANG

Hong Kong akan Musnahkan 2.000 Hamster karena Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 19 Januari 2022, 08:15 WIB
Baru-baru ini, satu klaster kasus covid-19 pada manusia terlacak berasal dari seorang pegawai di sebuah toko hewan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya