Kamis 19 November 2020, 15:30 WIB

Vaksin Covid-19 AstraZeneca Beri Respon Imun Kuat pada Lansia

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Vaksin Covid-19 AstraZeneca Beri Respon Imun Kuat pada Lansia

AFP/JUSTIN TALLIS
Ilustrasi vaksin covid-19 yang dikembangkan AstraZeneca dan niversitas Oxford.

 

VAKSIN covid-19 potensial yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan Universitas Oxford memberikan respon imun yang kuat bagi kelompok usia tua. Data dari uji coba tahap menengah ini menunjukkan bahwa vaksin tersebut berpotensi mampu melindungi kelompok yang paling rentan terhadap wabah covid-19.

Para peneliti mengatakan, sebagian data yang dilaporkan pada bulan lalu dan telah diterbitkan secara lengkap di jurnal medis The Lancet pada Kamis (19/11). Hasilnya menunjukkan, warga yang berusia di atas 70 tahun yang berisiko tinggi terjangkit penyakit parah dan mengalami kematian akibat covid-19, dapat membangun kekebalan yang kuat untuk melawan infeksi covid-19.

“Respon antibodi dan sel T yang kuat yang terlihat pada lansia dalam penelitian kami sangat menggembirakan,” kata konsultan sekaligus wakil pimpinan peneliti di grup Oxford Vaccine.

“Populasi yang paling berisiko terkena penyakit covid-19 serius ialah orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu dan lansia. Kami berharap ini berarti bahwa vaksin kami akan membantu melindungi beberapa orang yang paling rentan di masyarakat, tetapi dibutuhkan penelitian lebih lanjut sebelum kita yakin,” lanjutnya.

Baca juga: Badan POM Kawal Keamanan, Khasiat, dan Mutu Vaksin Produk Sinovac

Para peneliti menuturkan, uji coba tahap akhir atau fase III sedang berlangsung untuk mengonfirmasi temuan dan menguji apakah vaksin mampu melindungi berbagai kelompok usia dari infeksi covid-19, termasuk pada orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

“Data efektivitas pertama dari uji coba fase III kemungkinan akan keluar dalam beberapa minggu ke depan,” bunyi laporan Lancet.

Kandidat vaksin covid-19 Oxford-AstraZeneca yang disebut AZD1222 atau ChAdOx1 nCoV-19, telah berada di antara pelopor dalam upaya global untuk mengembangkan vaksin guna melindungi dari infeksi virus SARS-CoV-2.

Namun para saingannya, Pfizer, BioNTech, dan Moderna dalam 10 hari terakhir semakin berada di depan, dengan merilis data dari uji coba vaksin covid-19 tahap akhir yang menunjukkan tingkat kemanjuran lebih dari 90%. (CNA/A-2)

Baca Juga

officesnapshots.com

Roche Kembangkan Alat Tes untuk Deteksi Cacar Monyet

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 14:05 WIB
Ada lebih dari 200 kasus suspek atau terkonfirmasi cacar monyet di Eropa dan Amerika Utara, demikian menurut Organisasi Kesehatan Dunia...
AFP/Robert CHIARITO

Dua Tahun Tragedi Floyd, Biden Reformasi Kepolisian

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 26 Mei 2022, 13:42 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menandatangani perintah eksekutif yang dia janjikan akan mengantarkan reformasi polisi paling...
AFP/Olga Maltseva.

Ukraina Berikan Pesan Mundur dari Mauripol untuk Menang

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 13:16 WIB
Pesan simbolik yang muncul dari kekalahan Ukraina di Mauripol bukan wajah para pejuang garnisun Mariupol yang putus asa dan lelah karena...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya