Kamis 09 Juli 2020, 00:55 WIB

Presiden Bolsonaro Klaim hanya Alami Gejala Ringan

Presiden Bolsonaro Klaim hanya Alami Gejala Ringan

AFP
Presiden Brasil, Jair Bolsonaro

 

PRESIDEN Brasil, Jair Bolsonaro, telah dinyatakan positif terkena covid-19 setelah selama ini kerap meragukan keseriusan virus tersebut.

Namun, Bolsonaro berkeras tetap merasa sehat dan hanya mengalami gejala ringan. Dia pun mengabaikan langkah-langkah penanganan seperti menjaga jarak sosial meski Brasil telah menjadi negara yang paling parah terkena dampaknya di benua Amerika, dengan lebih dari 66.000 orang tewas.

“Hasil tes sudah keluar, positif. Saya sedang mengonsumsi hydroxychloroquine dan azithromycin sebagai obatnya,” kata Bolsonaro, 65, kemarin.

Hydroxychloroquine adalah obat yang biasanya dipakai menangani malaria dan lupus dang azithromycin merupakan antibiotik yang bisa dipakai menangani pneumonia. Ia mengaku mulai merasa tidak enak badan sejak Minggu (5/7). Kondisinya terus memburuk dengan gejala lelah dan demam hingga 38 celsius. “Tapi saya tetap merasa baik dan tenang,” tegasnya.

Bolsonaro membenarkan telah membatalkan sejumlah acara untuk beberapa hari ke depan. Sambil menjalani perawatan, ia akan mengadakan rapat virtual dengan para bawahannya.


Mengikuti Trump

Brasil ialah alasan besar mengapa kasus covid-19 di Amerika Latin dan Karibia kini telah melampaui 3 juta kasus. 

Menurut penghitungan AFP, wilayah tersebut telah mengonfi rmasi hampir 140.000 kasus kematian dan hampir setengahnya terjadi di Brasil. Langkah Bolsonaro, yang mengabaikan risiko tersebut, mengikuti kebijakan yang diterapkan di Amerika Serikat oleh pemerintahan Trump.

Brasil sejauh ini tidak memiliki strategi yang kompak dalam menangani krisis covid-19. Perselisihan terus terjadi antara pejabat pusat dan pemerintahan fede ral. Dua menteri kesehatan juga telah berhenti karena ketidaksetujuan dengan strategi Bolsonaro.

Hal paling menonjol ialah keputusan Brasil untuk terus memakai chloroquine dan hydroxychloroquine meskipun belum banyak penelitian ilmiah yang membuktikan manfaat kedua obat untuk melawan covid-19.(Van/X-11)

Baca Juga

Dok.Sunterra

Biden Larang Impor Bahan Panel Surya dari Tiongkok

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 Juni 2021, 21:24 WIB
Pemerintahan Biden pada Rabu (23/6) memerintahkan larangan impor AS atas bahan panel surya utama dari Hoshine Silicon Industry Co yang...
AFP/Anthony Wallace.

Tiongkok Bekukan Aset Media Apple Daily yang Prodemokrasi

👤Henry Hokianto 🕔Kamis 24 Juni 2021, 20:35 WIB
Baik portal berita, akun Twitter, serta Facebook Apple Daily telah dihapus. Diperkirakan sekitar 1.000 orang termasuk 700 jurnalis sekarang...
AFP/Anthony Wallace.

Warga Hong Kong Antre Beli Edisi Terakhir Apple Daily

👤 Henry Hokianto 🕔Kamis 24 Juni 2021, 20:25 WIB
Tiongkok mengaplikasikan undang-undang keamanan nasional di Hong Kong pada tahun lalu setelah kota itu diguncang oleh protes demokrasi yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Diplomasi Jalur Rempah di Kancah Dunia

Perjalanan sejarah Indonesia terasa hambar tanpa aroma rempah. Warisan sosial, ekonomi, serta budaya dan ilmu pengetahuan itu kini dikemas dan disodorkan kepada dunia untuk diabadikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya