Senin 15 April 2019, 06:44 WIB

Arab Saudi Apresiasi Kepemimpinan Indonesia di Kawasan dan Dunia

Rudy Polycarpus | Internasional
Arab Saudi Apresiasi Kepemimpinan Indonesia di Kawasan dan Dunia

Dok. Biro Istana Kepresidenan
Presiden Joko Widodo bertemu dengan Raja Arab Saudi Salman.

 

KERAJAAN Arab Saudi mengapresiasi kepemimpinan Indonesia baik di kawasan maupun di dunia. Menteri Muda urusan Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi Adel Al Jubeirmenyampaikan duduknya Indonesia di Dewan Keamanan PBB juga merepresentasikan kepentingan negara-negara Muslim.

Hal tersebut menjadi salah satu poin pembahasan saat Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Al Jubeir. Pertemuan tersebut berlangsung di Royal Guest House, Riyadh, Minggu (14/4).

"Dalam pertemuan tersebut dibahas antara lain bagaimana kedua negara meningkatkan kerja sama bilateral. Dari pihak Saudi menekankan banyak sekali posisi yang kurang lebih sama yang selama ini dimiliki Indonesia dan Saudi Arabia di berbagai isu," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi seusai pertemuan dikutip dari pernyataan tertulis Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Retno menuturkan, dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi dan Menteri Muda Urusan Luar Negeri Arab Saudi juga membahas mengenai kerja sama dalam rangka mensyiarkan Islam yang damai, Islam yang toleran, dan juga bekerja sama dalam konteks penanggulangan terorisme.

Baca juga: Presiden Bertemu Raja Salman di Istana Pribadi Raja di Riyadh

Selain itu, Presiden Jokowi dan Menteri Muda urusan Luar Negeri Arab Saudi juga membahas mengenai masalah bagaimana kedua negara dapat meningkatkan kerja sama dalam membantu mendukung perjuangan bangsa Palestina.

"Seperti diketahui masa depan Palestina menjadi lebih sulit dan menjadi kewajiban bagi Saudi Arabia dan Indonesia untuk terus meningkatkan kerja sama dan untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina," ungkap Retno.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut yaitu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel. (OL-2)

Baca Juga

AFP/Mikhail Klimentyev / Sputnik

Putin Tuding AS Tebar Konflik di Taiwan Setelah Buat Kacau Ukraina

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 08:57 WIB
"Petualangan Amerika dalam kaitannya dengan Taiwan bukan hanya perjalanan seorang politisi individu yang tidak bertanggung jawab,...
Medcom

Lebih dari 150 Anak Meninggal karena Wabah Campak di Zimbabwe

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 08:45 WIB
Angka kasus campak di negara Afrika itu melonjak sejak pemerintah melaporkan infeksi pertama pada awal bulan ini dengan angka kematian...
AFP/Arun SANKAR

Keadaan Darurat Di Sri Lanka Segera Dicabut

👤Widhoroso 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 23:15 WIB
PEMERINTAH Sri Lanka tidak akan memperpanjang keadaan darurat yang sebelumnya diberlakukan untuk mengendalikan protes...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya