Kamis 14 Maret 2019, 06:44 WIB

Mantan Ketua Kampanye Trump Divonis 7 Tahun

Sonya Michaella | Internasional
Mantan Ketua Kampanye Trump Divonis 7 Tahun

AFP/Brendan Smialowski
Paul Manafort

 

MANTAN ketua kampanye Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dalam pemilu 2016, Paul Manafort, diganjar hukuman tambahan selama 43 bulan dari 47 bulan. Total, Manafort harus menjalani hukuman selama tujuh tahun atas tuduhan penipuan pajak.

Pengadilan federal di Washington kembali mendakwa Manafort atas dua tuduhan konspirasi. Pekan lalu, seorang hakim federal lain menghukum Manafort 47 bulan penjara karena penipuan pajak dan bank.

Kasus kali ini merupakan bagian dari penyelidikan jaksa khusus Robert Mueller atas campur tangan Rusia pada pemilu AS 2016. Namun, tuduhan-tuduhan terhadap Manafort ini tidak ada kaitannya dengan kerjanya dalam kampanye Trump, melainkan kerjanya untuk sebuah partai politik pro-Rusia di Ukraina.

Manafort telah mengaku bersalah dalam kesepakatannya dengan tim Mueller dan bersedia bekerja sama penuh dalam penyelidikan Rusia. Namun, Jackson memutuskan Manafort telah melanggar ketentetuan-ketentuan pengakuan bersalah karena berbohong kepada para penyelidik.

Baca juga: California Moratorium Hukuman Mati

Dilansir dari AFP, Kamis (14/3), konsultan politik Partai Republik tersebut menunjukkan sedikit penyesalan saat sidang dan tidak menutupi apapun.

Sembilan bulan masa hukuman telah dijalani Manafort. Maka dari itu, jangka waktu ini akan mengurangi total hukuman yang dihadapinya menjadi 81 bulan atau kurang dari tujuh tahun.

Manafort pertama kali divonis pada Agustus 2018 atas lima tuduhan pengajuan pajak palsu, dua tuduhan penipuan bank, dan satu tuduhan gagal melaporkan rekening bank asing.

Jaksa menuding dirinya menggunakan rekening bank milik negara lain untuk menyembunyikan lebih dari US$55 juta yang didapatnya saat bekerja untuk Ukraina.

Uang tersebut digunakan Manafort untuk berfoya-foya seperti membeli rumah dan mobil mewah, karpet antik, serta pakaian mahal. (Medcom/OL-2)

Baca Juga

AFP/SHURAN HUANG

Retno Sebut Semua Menlu G20 Cari Solusi bagi Dunia

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:58 WIB
"Alhamdulillah per hari ini kita telah mendapatkan konfirmasi melalui saluran diplomatik bahwa semua menteri luar negeri anggota G20...
ANTARA/Muchlis Jr

Presiden Kembali ke Tanah Air dari Abu Dhabi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:35 WIB
Sebelum mengunjungi PEA, Presiden Jokowi mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Elmau,...
ANTARA/Setpres/Laily R

Presiden Jokowi Bertemu Mohamed Bin Zayed di Istana Al Shatie

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:20 WIB
Presiden tiba di Istana Al Shatie sekitar pukul 13.30 waktu setempat dan langsung melaksanakan sesi foto bersama dan pertemuan bilateral...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya