Rabu 20 Februari 2019, 13:45 WIB

Hadapi Gugatan 16 Negara Bagian, Trump Optimistis Menang

Marcheilla Ariesta | Internasional
Hadapi Gugatan 16 Negara Bagian, Trump Optimistis Menang

Mark Wilson/Getty Images/AFP

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump yakin akan menang melawan gugatan yang diajukan 16 negara bagian. Dia digugat karena mendeklarasikan status darurat nasional untuk mendanai tembok sepanjang perbatasan AS-Meksiko.

“Saya pikir, pada akhirnya, kita akan sangat sukses dengan gugatan tersebut. Ini kasus terbuka dan tertutup,” kata Trump kepada wartawan di Ruang Oval Gedung Putih, dilansir dari Channel News Asia, Rabu (20/2).

Kelompok negara bagian, termasuk California dan New York, menuduh presiden dan pejabat tinggi dalam pemerintahannya mengambil dana pembayar pajak untuk komunitasnya. Tujuannya tentu saja untuk memenuhi janji kampanye 2016, yaitu mengekang imigrasi ilegal dan aliran obat-obatan.

Trump mengatakan dia tidak khawatir atau terkejut dengan tantangan hukum. Sementara itu, Gedung Putih menolak memberikan tanggapan atas gugatan 16 negara bagian AS tersebut.

Pakar hukum mengatakan, deklarasi darurat nasional yang diumumkan Trump tidak konstitusional. Trump dinilai akan kalah dalam ‘pertikaian’ yang kemungkinan akan diputuskan Mahkamar Agung AS.

Baca juga: 16 Negara Bagian Gugat Rezim Donald Trump

Trump menyatakan keadaan darurat nasional di bawah Undang-undang 1976 usai Kongres menolak memberinya US$5,7 miliar atau sekitar Rp80 triliun. Angka tersebut yang diinginkan Trump untuk membangun tembok perbatasan.

Permintaan Trump untuk pendanaan memicu shutdown pemerintahan selama 35 hari yang berakhir pada Januari. Demokrat dan Republik kemudian menyepakati kesepakatan untuk menghindari penutupan dengan memberikan dana sebesar US$1,4 miliar atau setara Rp19,6 triliun.

Trump setuju menandatangani kesepakatan itu. Namun, dia mengumumkan keadaan darurat nasional. Langkah ini diambil untuk mendapatkan tambahan US$6,7 miliar di luar dari yang disahkan anggota parlemen untuk proyek tersebut.

Ke-16 negara bagian yang menggugat Trump adalah California, Colorado, Connecticut, Delaware, Hawaii, Illinois, Maine, Maryland, Minnesota, Nevada, New Jersey, New Mexico, New York, Oregon, Virginia dan Michigan. (Medcom/OL-2)

Baca Juga

AFP/Jade Gao

Beijing dan Shanghai Laporkan Nol Kasus Lokal Covid-19 Pertama

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:25 WIB
Beijing juga bisa membuka kembali beberapa tempat rekreasi, termasuk Universal Beijing...
AFP

Kerusuhan Di Penjara Kolombia Tewaskan Puluhan Narapidana

👤Widhoroso 🕔Selasa 28 Juni 2022, 21:02 WIB
SEDIKITNYA 49 narapidana tewas dalam kerusuhan yang terjadi di sebuah penjara di Kota Tulua, Kolombia barat...
John MACDOUGALL / POOL / AFP

G7 Minta Tiongkok Berani Tekan Rusia untuk Akhiri Perang

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 28 Juni 2022, 20:57 WIB
G7 mendesak Tiongkok untuk menegakkan prinsip penyelesaian perselisihan secara damai dengan menekan Rusia untuk menghentikan invasi ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya