Selasa 21 Februari 2023, 15:32 WIB

AstraZeneca dan Kemenkes Sinergi Dukung Transformasi Sistem Kesehatan

mediaindonesia.com | Humaniora
AstraZeneca dan Kemenkes Sinergi Dukung Transformasi Sistem Kesehatan

Ist
Acara penandatangan MoU antara Kemenkes dan PT. AstraZeneca Indonesia di JS Luwansa, Jakarta, Selasa (21/2).

 

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) dan PT. AstraZeneca Indonesia memperpanjang dan memperluas kemitraan melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang diadakan di JS Luwansa, Jakarta, Selasa (21/2).

Nota kesepahaman ini menandai upaya bersama kedua belah pihak dalam meningkatkan kondisi kesehatan masyarakat Indonesia melalui transformasi sistem kesehatan.

Sinergi dan kolaborasi antara Kemenkes dan PT. AstraZeneca Indonesia juga bertujuan untuk memperkuat agenda ketahanan kesehatan.

MoU yang ditandatangani hari ini merupakan kelanjutan dari kesepakatan yang dimulai oleh KemenkesI dan AstraZeneca pada tahun 2017 untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

AstraZeneca Indonesia melanjutkan kerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, produktif, mandiri, dan berkeadilan melalui lingkungan kesehatan yang baik.

Pada kesempatan ini, nota kesepahaman tersebut ditandatangani Sekjen Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha dan Presiden Direktur PT. AstraZeneca Indonesia, Sewhan Chon, dengan disaksikan Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Baca juga: Menkes tidak Khawatir Varian Kraken karena Sifatnya Lemah

Presiden Direktur PT. AstraZeneca Indonesia, Sewhan Chon, mengatakan, "Hari ini kami bangga dapat melanjutkan kemitraan yang kuat dengan Kementerian Kesehatan RI."

"Kami berkomitmen untuk menjadi mitra layanan kesehatan yang terpercaya dengan memperluas dan mengembangkan kolaborasi masa depan antara Kemenkes RI dan AstraZeneca, termasuk di bidang promosi kesehatan dan pencegahan penyakit, pengelolaan penyakit tidak menular, serta teknologi dan digitalisasi," paparnya.

Menyambut baik nota kesepahaman ini, Kunta Wibawa Dasa Nugraha, mengatakan, "Pandemi mengajarkan kita akan pentingnya kesehatan sebagai agenda bersama."

"Nota Kesepahaman yang ditandatangani hari ini merupakan momentum bagi kita untuk bangkit mewujudkan sistem kesehatan masyarakat. Hal ini akan mampu kita wujudkan melalui pilar Transformasi Kesehatan," katanya.

"Oleh karena itu, kami menyambut baik dan mendorong kerjasama dengan semua pihak, baik industri, akademisi, serta masyarakat luas demi Indonesia yang lebih sehat," kata Kunta.

Kemitraan antara Kemekes dan PT. AstraZeneca  saat ini berfokus pada beberapa area seperti promosi kesehatan dan pencegahan penyakit, pengelolaan dan pengendalian penyakit tidak menular, teknologi dan digitalisasi.

AstraZeneca Indonesia terus meningkatkan kesadaran masyarakat melalui promosi kesehatan dan pencegahan penyakit dengan memperkuat upaya-upaya promotif dan preventif.

Hal ini termasuk melanjutkan Young Health Programme di Indonesia, yang memberdayakan kaum muda untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit tidak menular.

Kampanye 10 Jari terhadap kanker ovarium untuk meningkatkan kesadaran akan enam faktor risiko dan empat tanda kanker ovarium, serta mendorong deteksi dini bagi masyarakat Indonesia.

Kampanye stop ketergantungan SABA untuk meningkatkan kesadaran pasien asma dan masyarakat mengenai penggunaan inhaler jenis short-acting βagonist (SABA) yang berlebihan. (RO/OL-09)

Baca Juga

Ist/DPR

DPR Apresiasi Kementerian PUPR Cepat Tanggap Bangun Hunian Tetap Cianjur

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 22 Maret 2023, 08:59 WIB
Saat ini progres pembangunan hunian tetap telah selesai 100 persen. Juga, telah dilakukan serah terima kunci dengan Pemkab...
Freepik

Pasien Stroke Diingatkan Batasi Makanan Berlemak Tinggi Saat Buka Puasa  

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 22 Maret 2023, 08:30 WIB
Makanan tinggi lemak yang dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan ketidakseimbangan dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi...
Dokumentasi pribadi.

Kisah Zahra Ungkap Internet sebagai Katalisator Kesehatan Nasional

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 22 Maret 2023, 08:27 WIB
Untuk menjadi seorang pendonor apheresis, ada banyak syarat yang harus dipenuhi, di antaranya berat badan cukup, kadar trombosit, Hb, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya