Kamis 12 Januari 2023, 15:28 WIB

Jawab Tantangan Perubahan dengan Meningkatkan Literasi Digital Masyarakat

mediaindonesia.com | Humaniora
Jawab Tantangan Perubahan dengan Meningkatkan Literasi Digital Masyarakat

MI/Haryanto
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat

 

UPAYA meningkatkan literasi digital pada masyarakat harus dilakukan secara konsisten agar bisa menjawab sejumlah peluang dan tantangan perubahan di masa mendatang.

"Era digitalisasi tidak bisa dibendung lagi, sehingga kesiapan literasi digital masyarakat menjadi syarat mutlak untuk menyongsong berbagai peluang dan tantangan yang datang," kata Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (12/1).

Berdasarkan hasil survei Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Katadata Insight Center (KIC) pada 2021, indeks literasi digital Indonesia berada di angka 3,49. Angka tersebut menempatkan Indonesia dalam kategori sedang dengan skor indeks 0 sampai 5.

Legislator yang kerap disapa Rerie ini menyebut berdasarkan acuan laporan dari McKinsey pada 2019, diperkirakan pada 2030 ada sekitar 23 juta pekerjaan yang tergeser oleh otomatisasi. Catatan McKinsey tersebut, tambah Rerie, merupakan tantangan yang berpotensi besar menjadi peluang bila sumber daya yang ada dipersiapkan dengan baik.

Persiapan dalam bentuk percepatan peningkatan literasi digital masyarakat, ucap anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, merupakan langkah strategis yang harus dilakukan di era digital.

Baca juga:  Pijar Mahir Tingkatkan Literasi Digital ASN di Pusat dan Daerah

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berharap indeks literasi digital Indonesia yang berada pada posisi menengah bisa secara konsisten ditingkatkan agar kualitas literasi digital masyarakat Indonesia memadai untuk menjawab dampak perubahan yang terjadi. 

Seiring dengan upaya meningkatkan literasi digital masyarakat, langkah menanamkan nilai-nilai kebangsaan bagi setiap anak bangsa juga harus konsisten dilakukan. 

"Supaya aspek kecepatan yang dibawa pada era digital ini dapat diimbangi dengan semangat nasionalisme yang kuat sehingga melahirkan perubahan yang cepat dan mampu mendorong pertumbuhan di sejumlah bidang," ungkapnya.

"Kolaborasi semua pihak, para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah, untuk merealisasikan percepatan peningkatan literasi digital harus segera dilakukan sehingga mempercepat proses pembangunan nasional," pungkasnya.(RO/OL-5)

Baca Juga

Kemenag

BPJPH Beri Konsultasi Sertifikasi Halal Gratis di Pameran Satu Abad NU

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:50 WIB
BPJPH membuka layanan konsultasi Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) 2023 pada Pameran 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa...
Kemenag

Kementerian Agama Waspadai Isu Fanatisme Kelompok di Tahun Politik

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:35 WIB
WAKIL Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi meminta jajaran Kemenag mewaspadai isu fanatisme kelompok di tahun...
Antara

Pemerintah Siapkan Program Haji Ramah Lansia dan Berkebutuhan Khusus

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:25 WIB
KEMENTERIAN Agama menyiapkan program Haji Ramah Lansia dan Haji Berkebutuhan Khusus untuk pelaksanaan musim haji tahun ini karena banyaknya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya