Jumat 02 Desember 2022, 10:00 WIB

Anda Sering Kesemutan? Ini Beberapa Kemungkinan Penyebabnya

Meilani Teniwut | Humaniora
Anda Sering Kesemutan? Ini Beberapa Kemungkinan Penyebabnya

Pexels
Ilustrasi

 

KESEMUTAN adalah gangguan yang sering terjadi di tubuh kita, baik itu kaki ataupun tangan, dan penyebabnya pun sangatlah beragam.  

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan Nerve and Vascular Injuries in Sports Medicine, kesemutan adalah kondisi yang biasa dialami oleh siapa saja, terutama pada para atlet. Namun, apabila hal tersebut sering terjadi, bisa jadi ini disebabkan gejala dari penyakit tertentu.

Biasanya untuk kondisi ringan tangan kesemutan terjadi karena tekanan saraf kaku ketika menyilangkan tangan atau kaki terlalu lama. Ini bisa ditangani dengan menghilangkan tekanan tersebut.

Baca juga: Komplikasi Diabetes Bisa Sebabkan Neuropati

Dalam dunia medis, tangan yang sering kesemutan disebut dengan parestesia jari. Kondisi ini didasari oleh gangguan saraf atau pembuluh darah di bagian tubuh tersebut.

Lalu apa penyebab terjadinya tangan sering kesemutan? Simak penjelasan berikut ini. 

Penyebab tangan sering kesemutan

Dilansir dari alodokter.com, terdapat beragam penyebab tangan sering kesemutan. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan tangan kesemutan meliputi:

1. Carpal tunnel syndrome (CTS)

Carpal tunnel syndrome atau sindrom terowongan karpal merupakan kerusakan saraf akibat tekanan dan iritasi pada saraf yang berada di pergelangan tangan. 

Penyakit ini bisa menyebabkan gejela tangan dan jari kesemutan, pergelangan tangan sakit, serta tangan melemah sehingga tidak kuat menggenggam suatu barang.

CTS kerap dialami oleh siapa pun yang sering bekerja menggunakan tangan untuk melakukan gerakan yang sama dan dalam jangka waktu lama, seperti mengetik, menulis, dan mencuci.

2. Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis pada tangan terkadang bisa menimbulkan gejala yang mirip dengan CTS, termasuk kesemutan pada tangan dan pergelangan tangan. Sensasi tangan kesemutan ini biasanya kian mengganggu, terutama pada malam hari.

Gejala lain yang dapat dialami oleh penderita rheumatoid arthritis adalah sendi tangan dan jari-jari terasa hangat, nyeri, bengkak, serta kaku saat bangun tidur dan biasanya berlangsung lebih dari 1 jam.

3. Diabetes

Tangan kesemutan juga bisa dipicu oleh penyakit diabetes, sebab kadar gula darah yang tinggi bisa menyebabkan kerusakan saraf dan pembuluh darah kecil yang menyalurkan nutrisi pada saraf sehingga memicu kesemutan, nyeri, atau mati rasa.

Selain kesemutan, penderita diabetes juga kerap merasakan gejala lain, seperti kulit gatal dan kering, berat badan naik atau turun tanpa sebab yang jelas, hingga luka yang sulit sembuh.

4. Kerusakan saraf

Tangan kesemutan juga bisa disebabkan oleh kerusakan saraf atau neuropati perifer. Penyebab terjadinya gangguan ini bisa beragam, mulai dari penyakit autoimun, cedera saraf, infeksi, hingga efek samping obat-obatan.

Sebagai contoh, orang yang mengonsumsi obat statin untuk menurunkan kolesterol,  penderita kanker yang menjalani kemoterapi, atau pengguna obat isoniazid untuk tuberkulosis bisa saja mengalami efek samping berupa kaki atau tangan kesemutan. 

Efek samping ini biasanya akan membaik setelah pengobatan tersebut selesai.

5. Kekurangan vitamin tertentu

Kekurangan asupan vitamin B dan vitamin E bisa menyebabkan kesemutan pada tangan atau kaki. Pasalnya, kedua vitamin tersebut dibutuhkan tubuh untuk menunjang kesehatan dan fungsi saraf. Oleh karena itu, ketika tubuh Anda kekurangan nutrisi tersebut, saraf pun bisa mengalami gangguan.

6. Penyakit lain

Tangan kesemutan juga bisa disebabkan oleh penyakit lain yang berdampak pada kerusakan saraf, seperti hipotiroid, sindrom Guillain-Barre, atau infeksi, termasuk hepatitis, herpes zoster, dan penyakit Lyme.

Tidak hanya menyebabkan tangan kesemutan, berbagai penyakit di atas juga bisa menimbulkan gejala lain, seperti tangan gemetaran atau tremor dan tangan menjadi lebih lemah, kaku, atau sulit digerakkan. (OL-1)

Baca Juga

Omar HAJ KADOUR / AFP

PP Muhammadiyah Sampaikan Dukacita Atas Musibah Gempa Bumi Turki dan Suriah

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 00:32 WIB
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir berharap bencana tersebut dapat segera termitigasi dengan sigap di kedua...
Antara

Baru 10 RS yang Bisa Lakukan Bedah Jantung Terbuka, Menkes: Perlu Kolaborasi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 06 Februari 2023, 23:51 WIB
Saat ini, masih dibutuhkan 1.282 spesialis jantung dan pembuluh darah, serta spesialis lainnya untuk memberikan layanan jantung dan...
FOTO ANTARA/Fanny Octavianus

IDEAS Sebut 108 Lembaga Zakat Bukan Tak Berizin Tapi Tak Diberi Izin

👤Dinda Shabrina 🕔Senin 06 Februari 2023, 23:20 WIB
IDEAS Sebut 108 Lembaga Zakat Bukan Tak Berizin Tapi Tak Diberi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya