Sabtu 26 November 2022, 15:56 WIB

Santun dan Bijak Gunakan Media Sosial Turut Jaga Keutuhan Bangsa

mediaindonesia.com | Humaniora
Santun dan Bijak Gunakan Media Sosial Turut Jaga Keutuhan Bangsa

Ist
Ketua XYZ Indonesia, Mohammad Aliardo.

 

XYZ Indonesia yang merupakan komunitas gerakan lintas generasi, lintas agama, lintas etnis-suku-dan golongan, mengajak masyarakat Indonesia dari generasi X, Y dan Z sebagai generasi yang cukup aktif menggunakan media social, untuk berperilaku santun di media social dan lebih bijak dalam menggunakan media social.

Hal ini mengemuka dalam diskusi yang diadakan oleh XYZ Indonesia di Oemah Resto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, pada Sabtu (26/11).

Diskusi mengambil tema “Santun dan Bijak Menggunakan Media Sosial: Menjaga Keutuhan Bangsa dan Negara Indonesia”.

Sebagaimana disampaikan Ketua XYZ Indonesia, Mohammad Aliardo, bahwa saat ini media sosial memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam membangun opini dan persepsi di masyarakat.

Berkembangnya penggunaan media sosial sebagai alat berkomunikasi dan alat untuk menyampaikan informasi secara langsung dari masyarakat serta alat pertukaran pengetahuan, menjadikan masyarakat lebih peduli  dan lebih sadar terhadap isu-isu yang berkembang di tingkat lokal maupun global.

Baca juga: BPIP Bentuk Strategi Membumikan Nilai Pancasila Lewat Medsos

"Namun seringkali tanpa disadari, ternyata, ada upaya-upaya untuk membangun kesadaran palsu oleh segelintir oknum pegiat media sosial yang tidak bertanggung jawab dan para oknum 'buzzer bayaran'," jelas Aliardo.

"Mereka yang sengaja menyampaikan hoaks atau disinformasi dengan tujuan untuk mengelabui masyarakat demi keuntungan pribadinya maupun keuntungan pihak yang membayar pembuat hoax maupun disinformasi tersebut." paparnya.

Lebih lanjut, Aliardo juga menyampaikan, bahwa tanpa disadari, sebenarnya perilaku para pembuat hoaks dan disinformasi ini sangat berbahaya bagi kohesifitas social di masyarakat dan bahkan bagi keberlangsungan dan keutuhan bangsa dan negara Indonesia.

Apalagi menjelang memasuki tahun politik, 2023, menurut Aliardo, persaingan yang melibatkan oknum “buzzer” maupun oknum “pegiat social media” yang tidak bertanggung jawab dapat mengganggu pesta demokrasi yang seharusnya dilaksanakan secara aman, damai dan kondusif menjadi ajang permusuhan yang dapat berlangsung lama.

Oleh karena itu, menjelang tahun politik 2023, XYZ Indonesia mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama dari kalangan generasi X, Y, Z untuk bersama-sama saling mengingatkan dan menolak upaya-upaya penyebaran hoaks dan disinformasi yang mem-framing, mendiskreditkan.

"Mereka juga memfitnah dengan tujuan untuk menjatuhkan lawan politik termasuk para kontestan atau kandidat lainnya yang menjadi saingannya dalam pemilu yang akan datang," jelasnya.

"XYZ Indonesia juga mengajak masyarakat untuk lebih santun dalam mengekspresikan pendapatnya di media sosial, tidak mudah terpancing emosi, dan lebih bijaksana dalam menyikapi informasi dan berita yang disebarkan oleh para oknum “buzzer” yang tidak bertanggung jawab," tutur Aliardo. (RO/OL-09)

Baca Juga

ITB

Belajar Air Hingga ke Negeri Sakura, Ini Cerita Mahasiswa ITB

👤Zubaedah Hanum 🕔Senin 06 Februari 2023, 06:00 WIB
SEPULUH mahasiswa Teknik Lingkungan ITB berkesempatan terbang ke Jepang untuk mempelajari pengelolaan sumber daya...
Kemenag

BPJPH Beri Konsultasi Sertifikasi Halal Gratis di Pameran Satu Abad NU

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:50 WIB
BPJPH membuka layanan konsultasi Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) 2023 pada Pameran 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa...
Kemenag

Kementerian Agama Waspadai Isu Fanatisme Kelompok di Tahun Politik

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:35 WIB
WAKIL Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi meminta jajaran Kemenag mewaspadai isu fanatisme kelompok di tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya