Rabu 23 November 2022, 19:36 WIB

Lulusan D3 Farmasi UPH Raih Top 10 Nilai Terbaik di UKTTK 2022

Faustinus Nua | Humaniora
Lulusan D3 Farmasi UPH Raih Top 10 Nilai Terbaik di UKTTK 2022

Dok. UPH
Ilustrasi perkuliahan D3 Farmasi UPH

 

SEBANYAK 47 lulusan Program Studi (Prodi) Diploma tiga (D3) Farmasi Universitas Pelita Harapan (UPH) berhasil lulus 100% Uji Kompetensi Tenaga Teknis Kefarmasian (UKTTK) 2022. 

Kelulusan sempurna itu merupakan pencapaian kedua kalinya dari D3 Farmasi, sejak 2021 dalam ujian tersebut dan masuk peringkat 10 besar peraihan nilai terbaik secara nasional.

UKTTK merupakan ujian yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pendidikan Diploma Farmasi Indonesia (APDFI) bersama Lembaga Pengembangan Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan (LPUK NaKes). Para mahasiswa UPH yang telah lulus ujian mendapatkan sertifikat kompetensi yang menjadi syarat wajib kelulusan dan mendapatkan Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknik Kefarmasian (STRTTK).

“Mahasiswa yang lulus UKTTK akan mendapatkan sertifikat kompetensi. Sertifikat tersebut digunakan untuk mendapatkan STRTTK yang merupakan bukti kompetensi para lulusan dan kelak digunakan untuk mengajukan Surat Izin Praktik Tenaga Teknis Kefarmasian (SIPTTK),” tutur Ketua Program Studi (Kaprodi) Farmasi D3 UPH Jessica Novia, dalam keterangannya, Rabu (22/11).

Jessica mennegaskan akan terus berupaya agar setiap lulusan D3 Farmasi UPH dapat lulus UKTTK dengan cara meningkatkan kualitas pembelajaran, memperbanyak latihan soal, disiplin, dan tekun dalam mendalami materi pembelajaran. 

Baca juga : UNJ Masuk Top 10 Pencatatan Ciptaan HKI Tertinggi di Indonesia Tahun 2022

Upaya itu didukung dengan langkah konkret yang telah dilakukan Prodi D3 Farmasi UPH, di antaranya dengan memberikan mata kuliah Kapita Selekta dan pemberian try out.

“Melalui mata kuliah selekta, mahasiswa dipersiapkan untuk dapat mengerjakan soal-soal yang sesuai dengan blueprint UKTTK. Selain itu, kami juga telah bekerja sama dengan institusi D3 Farmasi lainnya dalam melaksanakan try out UKTTK. Harapannya agar setiap mahasiswa dibekali pendidikan yang bermutu dan bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Jessica menambahkan, untuk mencapai keberhasilan tersebut, pasti selalu ada rintangan yang perlu dihadapi. Dari sisi mahasiswa, mereka dituntut untuk dapat memenuhi standar nilai kelulusan dan menguasai soal-soal ujian. Dari sisi dosen, harus berkontribusi dalam penyusunan soal ujian try out dan juga membantu mahasiswa untuk siap menghadapai soal ujian UKTTK.

Dengan seluruh upaya dan kolaborasi bersama antara mahasiswa dan para dosen, Prodi D3 Farmasi mempersiapkan para lulusan berhasil lulus UKTTK, sehingga terbukti memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar pemerintah. D3 Farmasi UPH berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan siap menjadi ‘The Great Achiever’. (OL-7)

Baca Juga

dok.kementan

Kerjasama Indonesia-Belanda, Kembangkan Pendidikan Vokasi Pertanian

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 22:11 WIB
MENTERI Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan pendidikan vokasi menjadi jawaban atas kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM)  pertanian...
Ist

PPM SoM Siap Cetak Pemimpin Muda untuk Indonesia Emas 2045

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 21:54 WIB
Sebanyak 409 wisudawan, baik wisudawan yang menyelesaikan program studi tahun 2021 maupun 2022, mengikuti prosesi wisuda PPM School of...
Ist

Pentingnya Dukungan Agar Ibu Hamil Bahagia dan Anak Lahir Sehat

👤Eni Kartinah 🕔Senin 28 November 2022, 21:43 WIB
Ada banyak masalah kesehatan yang bisa mengintai jika ibu tidak bahagia selama menjalani...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya