Sabtu 19 November 2022, 20:13 WIB

Memperkuat Cinta Budaya Indonesia kepada Generasi Muda

mediaindonesia.com | Humaniora
Memperkuat Cinta Budaya Indonesia kepada Generasi Muda

Ist
Siswa siswi Sekolah Alam Cikeas, Bogor, Jawa Barat, mengikuti kegiatan Heritage Festival, Sabtu (19/11).

 

PERHELATAN Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Bali sukses dilaksanakan dan banyak mendapat apresiasi positif dari dunia internasional. Termasuk kekayaan budaya Tanah Air yang ditampilkan di hadapan para pemimpin negara dan delegasi negara G-20.

Untuk itu, sebagai wujud rasa syukur atas apresiasi dunia internasional terhadap budaya Indonesia, Sekolah Alam Cikeas, Bogor, Jawa Barat, menyelenggarakan acara Heritage Festival selama dua hari, 18-19 November 2022.

Dengan menggusung tema 'Lets Keep Our Heritage Alive', kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat rasa cinta dan upaya pelestarian budaya Indonesia kepada generasi muda, khususnya bagi peserta didik mulai dari kelas taman bermain (playgroup), TK, SD, SMP, dan SMA.  

"Acara KTT G-20 sukses mengenalkan keanekaragaman budaya Indonesia ini, kita maknai dengan upaya mempertebal rasa cinta Tanah Air kepada generasi muda untuk terus melestarikan kekayaan budaya," ujar Suratto Siswodihardjo, Ketua Umum Yayasan Bhakti Suratto sekaligus pendiri Sekolah Alam Cikeas, dalam keterangannya, Sabtu (19/11).


Baca juga: Siswa Belajar Entrepeneur Lewat Labschool in Wonderland


Dalam rangkaian Heritage Festival ini juga ditampilkan acara pra-kegiatan, yaitu Museum Wastra Nusantara, yang memamerkan berbagai macam kain tenun dari berbagai daerah di Indonesia. Peserta didik pun sangat antusias dengan langkah konkret upaya melestarikan kekayaan budaya Indonesia.

"Saya ikut merasakan bangga atas keberhasilan G-20 mengenalkan kekayaan budaya Indonesia," ujar Ruby, siswi kelas V sekolah dasar dengan penuh semangat.

Heritage Festival Sekolah Alam Cikeas juga diisi dengan mengenalkan musik dan permainan tradisional, pentas tari serta pawai budaya dengan kostum pakaian daerah.

"Dengan spirit 'Karena Budaya Kita Kaya' ini diharapkan generasi muda dapat merepresentasikan identitas tanah air dengan berbagai kreasi dan karya," jelas Kunti Indra, Direktur Sekolah Alam Cikeas. (RO/OL-16)

Baca Juga

Ilustrsasi

Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Oatmeal untuk Tubuh

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 05 Desember 2022, 14:30 WIB
Sebagai makanan alternatif pengganti nasi, oatmeal biasanya dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang manjalankan program...
MI/BARY

DPR Harap Partisipasi Masyarakat Dalam Pembahasan RUU Kesehatan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 05 Desember 2022, 14:17 WIB
Saleh mengatakan ada juga yang berjuang lewat media-media sosial. Memunculkan wacana dan isu yang dianggap krusial di RUU...
Warnerbros

Arti Villain dalam Dunia Film dan Perbedaannya dengan Anti-Hero

👤Meilani Teniwut 🕔Senin 05 Desember 2022, 13:43 WIB
Karakter jahat dari villain ini yang bikin para superhero harus putar otak gimana cara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya