Jumat 11 November 2022, 14:45 WIB

Dinkes : Kasus Gagal Ginjal Akut Alami Tren Penurunan

Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora
Dinkes : Kasus Gagal Ginjal Akut Alami Tren Penurunan

Ilustrasi
Ginjal.

 

Kasus gagal ginjal akut pada anak di DKI Jakarta mengalami tren penurunan atau tidak ada lagi peningkatan atau kasus terbaru sejak akhir Oktober lalu.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Ngabila Salama mengatakan dari total 113 kasus, 71 diantaranya berdomisili di Jakarta. "113 yang ditemukan di RS Jakarta dan ada warga luar Jakarta, 71 ini hanya tinggal di Jakarta," ujarnya saat dihubungi awak media, Jakarta (11/11).

Ia menjelaskan, dari hasil pendataan ada beberapa yang tidak termasuk kasus gagal ginjal. Hal tersbeut dikarenakan pasien tidak sesuai dengan kriteria suspect probable atau konfirmasi.

Adapun probable yang dimaksud jika ada penurunan dari produksi urine atau tidak ada sama sekali di pasien. "Kalau konfirmasi adalah jika benar di darah pasien terkandung EG atau DEG, adapun Probable kalau kriteria suspek disertai peningkatan ur dan cr (fungsi ginjal) pada darah," jelasnya.

Sebagai informasi untuk data persembahan kasus gagal ginjal akut ada di Jakarta Timur sebanyak 30, Jakarta Barat 16, Jakarta Selatan 16, Jakarta Utara 7 dan Jakarta Pusat 2. Status akhir yakni 46 meninggal, 9 perawatan, 16 sembuh. "Adapun Kriteria Kasus, 11 konfirm, 50 Probable, 4 Suspek, 6 Dalam Verifikasi," pungkasnya. (OL-12)

Baca Juga

MI/Ramdani

Komisi X DPR RI Minta Perpusnas Tingkatkan Unsur Literasi Masyarakat

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 08:30 WIB
Ia menyatakan Indeks Literasi Masyarakat yang disusun Perpusnas dapat menjadi landasan kebijakan literasi...
Dok. DPR RI

Anggota DPR Dorong Pabrik Semen Indarung dan PLTA Rasak Bungo Jadi Warisan BUdaya UNESCO

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 08:00 WIB
Menurut Rieke, kedua bangunan tersebut menyimpan banyak memori perjuangan rakyat Minang pada masa penjajahan dan telah berkontribusi besar...
Ist

Mydoremi Ajak Anak Indonesia Berkreasi di Dunia Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 06:46 WIB
Mydoremi Co-founder, Cisca Chang, menyatakan bahwa Mydoremi membuat kegiatan pembelajaran yang fun (edutainment) melalui Mydoremi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya