Kamis 10 November 2022, 14:52 WIB

SMK Marie Joseph Gabungkan Kurikulum Merdeka dari Kemendikbud-Ristek

mediaindonesia.com | Humaniora
SMK Marie Joseph Gabungkan Kurikulum Merdeka dari Kemendikbud-Ristek

Ist
Para siswa SMK Marie Joseph sedang melakukan kegiatan belajar mengajar.

 

SISWA Sekolah Menengah Atas (SMA) dan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki peluang yang sama untuk melanjutkan pendidikan atau kuliah di kampus yang mereka cita-citakan.

Bahkan siswa lulusan SMK yang sudah dibekali dengan kompetensi sesuai dengan bidangnya memiliki peluang untuk bekerja ataupun membuka bisnis startup di bidang teknologi.

Pada prisipnya SMK seharusnya menghasilkan siswa yang memliki kompetensi yang baik di bidangnya untuk siap bekerja maupun melanjutkan kuliah.

Di era digital dan kemajuan teknologi yang sulit dibendung, mau tidak mau kita yang harus siap menghadapi serangan teknologi digital.

Hari demi hari, kita tidak bisa lepas dari dunia digital, dan bayangkan di masa depan, bagaimana semua orang sangat tergantung perangkat-perangkat digital dalam segala aktivitasnya.

“Adanya perkembangan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari hari yang begitu pesat sementara di sisi lain kurangnya ketersediaan tenaga kerja di bidang teknologi yang tidak dapat mendukung perkembangan penggunaan teknologi ini, maka berdirilah SMK Marie Joseph, yang berada di bawah naungan Yayasan Amal dan Kurban Jakarta,” kata Yuvenalis Sira Sabon, Kepala SMK Marie Joseph pada acara peluncuran SMK Marie Joseph di Old Shanghai, Sedayu City, Jakarta, Kamis (10/11).

Baca juga: SMKN I Karawang Mampu Produksi Suku Cadang Moge

Yuven menambahkan bahwa perbedaan SMK Marie Joseph yang berada di daerah Kelapa Gading, Jakarta dengan sekolah lain adalah selain menggunakan Kurikulum Merdeka yang diwajibkan oleh Kemendikbud-Rustek.

SMK Marie Joseph juga menjalin kerja sama dengan Cisco Akademi dan International Design School (IDS) di mana para guru SMK Marie Joseph diberikan training dan materi mengenai teknologi informasi komunikasi, seni dan ekonomi kreatif.

“SMK Marie Joseph ingin berkontribusi kepada dunia pendidikan Indonesia untuk menciptakan lulusan yang siap kerja dan siap melanjutkan kuliah," jelasnya.

"SMK Marie Joseph bisa menjadi dasar atau pijakan para anak muda yang ingin menjadi kuliah di dunia digital dan ekonomi kreatif,” tegas Yuven.

Keunggulan SMK Marie Joseph di antaranya pertama, memiliki kurikulum standar pemerintah yang dikembangkan mengikuti perkembangan teknologi bersama parter yaitu Cisco Akademi untuk pengembangan kurikulum Rekayasa Perangkat Lunak dan IDS untuk pengembangan kurikulum Animasi.

Kedua, memiliki perangkat laboratorium yang disuport dari Cisco Akademi dan IDS. Ketiga,  adanya mentorship dari partner Cisco Akademi dan IDS.

Keempat, mempunyai kegiatan MJ Club yang mendukung penyaluran hobi, minat dan bakat. Kelima, mudah untuk mendapatkan tempat untuk magang.

Keenam, dapat melanjutkan kuliah ke jurusan yang sama di perguruan tinggi  dengan baik karena kurikulum SMK kita sudah disesuaikan dengan kurikulum kampus

"Ketujuh, bisa dapat langsung bekerja di industri yang relevan dengan jurusannya karena kurikulum SMK kita yang sudah dikembangkan bersama partner disesuaikan dengan tuntutan dunia industri," papar Yuven.  

Salah satu orang tua, Yoseph Sumardi mengatakan bahwa saya baru mendaftarkan anak saya di SMK Marie Joseph dan akan mulai belajar di tahun ajaran tahun depan.

"Anak saya sendiri yang ingin menjadi siswa di sini karena dia memang sangat tertarik di dunia digital dan mempunyai cita-cita untuk menjadi animator yang profesional," terangnya.

Perlu diketahui bahwa Marie Joseph School adalah Sekolah Butik Bilingual Katolik pertama, didirikan pada 10 Januari 2004.

Nama Marie Joseph School diambil dari nama pendiri Kongregasi Fransiskanes Sambas (KFS), yaitu Muder Marie Joseph Raymakers from Etten Leur, Belanda. (RO/OL-09)

Baca Juga

ANTARA

Meski Masih Level 1 Transmisi Komunitas, Vaksinasi Tetap Harus Digalakkan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 04 Desember 2022, 19:57 WIB
Tren perawatan rumah sakit di ruang isolasi per tanggal 1 Desember 2022 terdapat penurunan sebanyak...
Ist

'Tropic Fever' Angkat Kisah Kekerasan di Industri Perkebunan pada Masa Kolonial Belanda

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Minggu 04 Desember 2022, 19:40 WIB
'Tropic Fever' telah diputar secara perdana untuk publik dalam festival film DOK Leipzig di Jerman pada bulan Oktober...
Ist

ICMI akan Jadi Pelopor Transformasi Bangsa dengan Nilai Universal Islam

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 18:51 WIB
ICMI menyelenggarakan Silaknas sekaligus memperingati Milad ICMI yang ke-32 pada Sabtu hingga Minggu (4/12) di Gedung Badan Riset Inovasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya