Minggu 30 Oktober 2022, 18:35 WIB

Prinsip-Prinsip Geografi dan Contohnya

Meilani Teniwut | Humaniora
Prinsip-Prinsip Geografi dan Contohnya

Antara/Hendra Nurdiyansyah.
Ilustrasi.

 

PERNAHKAH kamu mendengar prinsip-prinsip geografi? Kenapa dalam belajar geografi penting untuk memahami prinsip-prinsip geografi? 

Jawabannya sederhana. Prinsip-prinsip geografi merupakan suatu acuan yang digunakan untuk menganalisis fenomena-fenomena geografis di suatu wilayah. Ada empat prinsip geografi. 

Apa saja macam-macam prinsip geografi? Bagaimana contoh menganalisis prinsip-prinsip geografi dalam kehidupan sehari-hari? Baca terus artikel ini.

Pengertian prinsip geografi

Prinsip geografi adalah landasan dalam menjelaskan suatu gejala atau fenomena yang terjadi serta menganalisis berbagai fenomena-fenomena geosfer seperti atmosfer, litosfer, biosfer, hidrosfer, dan antroposfer yang ada di dalam suatu wilayah.

Pemahaman tentang prinsip dan pendekatan geografi sangat penting dalam belajar geografi. Geografi merupakan ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer di suatu wilayah. 

Prinsip geografi dipakai untuk mempelajari fenomena yang terjadi di permukaan Bumi. Geografi merupakan ilmu pengetahuan untuk mempelajari sifat bumi, analisis gejala alam, dan unsurnya. Sejarah tentang Bumi telah dikenal oleh bangsa Yunani. 

Mengutip dari buku Geografi kelas X, kata geografi berasal dari kata geo berarti bumi dan graphika berarti lukisan atau tulisan. Dalam bahasa Inggris, kata geography diserap dari bahasa Yunani geographia. Kata geo berarti Bumi dan grapho bermakna untuk menulis. Jika disambung, kata geografi berarti menulis tentang bumi.

Pengertian geografi menurut Ikatan Ahli Geografi Indonesia (1988) yaitu ilmu yang mempelajari perbedaan dan persamaan fenomena geosfer dengan sudut pandang wilayah atau lingkungan dalam konteks keruangan.

Prinsip geografi dan contohnya

1. Prinsip persebaran.

Prinsip persebaran menjelaskan bahwa fenomena geografi di Bumi tidak merata. Fenomena geografi termasuk gejala dan fakta geografi yang berkenaan dengan alam maupun manusia.

Contoh prinsip persebaran:

a. Persebaran potensi air yang berbeda dari satu tempat dengan tempat lain.
b. Persebaran limbah cair dalam tanah.
c. Persebaran polusi udara.

2. Prinsip tnterelasi.

Prinsip geografi selanjutnya ialah interelasi. Permasalahan yang terjadi di alam dengan manusia saling terkait. Interelasi ini dapat terjadi antara alam dengan alam itu sendiri maupun alam dengan manusia.

Contoh prinsip interelasi:

a. Fenomena banjir yang terjadi akibat penebangan hutan di wilayah hulu.
b. Kekeringan yang berkepanjangan sebagai dampak adanya La Nina.
c. Perpindahan penduduk Desa X akibat polusi udara pabrik.

3. Prinsip deskripsi.

Bentuk keterkaitan antara alam dan manusia dapat digambarkan dalam bentuk deskripsi. Selain disajikan dengan tulisan atau kata-kata, ini dapat dilengkapi pula dengan diagram, tabel, gambar, dan peta. Penjelasan atau deskripsi berguna untuk memberikan gambaran lebih jauh tentang gejala dan masalah yang sedang dipelajari.

Contoh prinsip deskripsi:

a. Awal kemunculan ilmu geografi yang dideskripsikan dalam catatan perjalanan.
b. Grafik peta lempeng vulkanik di dunia.
c. Peta penggunaan tanah untuk menganalisis wilayah dan kesesuaian lokasi.

4. Prinsip korologi.

Prinsip korologi mencakup pengamatan gejala, fakta, ataupun masalah geografi di suatu tempat. Prinsip ini meninjau fenomena geografi dari segi pesebarannya, interelasinya, interaksinya, dan integrasinya dalam ruang tertentu. Singkatnya, prinsip korologi memadukan ketiga prinsip lain. Kondisi wilayah akan memberikan ciri khas pada kesatuan gejala, fungsi, dan bentuk.

Contoh prinsip korologi.

a. Jika ingin mengetahui tentang suhu udara, peneliti perlu mengetahui tentang perbedaan suhu udara pada pedesaan dan kota, penyebab timbulnya udara sejuk di perdesaaan, serta pengaruh banyaknya pohon di desa terhadap suhu udara di wilayah perdesaan.

b. Peneliti ingin mengetahui fenomena letusan gunung berapi di Indonesia. Karenanya, peneliti perlu mengetahui tentang jumlah gunung berapi aktif di Indonesia, penyebab letusan gunung berapi, serta dampaknya.

c. Terakhir, jika ingin mengetahui tentang perkiraan angin, peneliti dapat melihat perbedaan dan arah angin di berbagai wilayah dan penyebab serta akibat dari angun tersebut.

Nah, itu tadi materi tentang prinsip-prinsip geografi meliputi pengertian, jenis-jenis, hingga contohnya. Semoga bermanfaat yah. (OL-14)

Baca Juga

Ist

Lomba Debat Remaja Bisa Ciptakan Pemimpin Berintegritas

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 09:19 WIB
Kaum muda ini akan menjadi penentu arah pembangunan Indonesia. Kekuatan demografis ini menjadi sangat krusial bila tidak di lakukan...
MI/Ramdani

Komisi X DPR RI Minta Perpusnas Tingkatkan Unsur Literasi Masyarakat

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 08:30 WIB
Ia menyatakan Indeks Literasi Masyarakat yang disusun Perpusnas dapat menjadi landasan kebijakan literasi...
Dok. DPR RI

Anggota DPR Dorong Pabrik Semen Indarung dan PLTA Rasak Bungo Jadi Warisan BUdaya UNESCO

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 08:00 WIB
Menurut Rieke, kedua bangunan tersebut menyimpan banyak memori perjuangan rakyat Minang pada masa penjajahan dan telah berkontribusi besar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya