Jumat 28 Oktober 2022, 17:45 WIB

Semangat Sumpah Pemuda, KTKI Gelar Penguatan Nakes Masyarakat

Selamat Saragih | Humaniora
Semangat Sumpah Pemuda, KTKI Gelar Penguatan Nakes Masyarakat

MI/Selamat Saragih
Ketua Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia tahun 2014-2022, Dr. dr. Trihono, M.Sc. bersama tim Konsil Kesehatan Masyarakat memperingati Hari S

 

KOALISI Kesehatan Masyarakat sebagai salah satu dari 11 Konsil Masing - Masing Tenaga Kesehatan pada Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun para pemuda pada momentum Sumpah Pemuda tahun 1928 silam.

Agenda dengan tema semangat Sumpah Pemuda 'Bersatu, Bangkit dan Tumbuh' tersebut adalah kegiatan Identifikasi Penguatan P2KB, Standarisasi, dan Registrasi Tenaga Kesehatan di Konsil Kesehatan Masyarakat.

“Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan di bidang kesehatan, dibutuhkan Tenaga Kesehatan yang kompeten dan berdedikasi dalam jumlah dan sebaran untuk dapat menjalankan peran dan fungsinya mencapai pembangunan kesehatan yang optimal," kata Ketua Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia tahun 2014-2022, Dr. dr. Trihono, M.Sc, di Jakarta, Jumat (28/10).

Untuk mendukung keberhasilan dari program Konsil masing-masing Tenaga Kesehatan, saat acara angkat sumpah Konsil KTKI pada tanggal 7 September 2022, Menteri Kesehatan mengingatkan perlu adanya jalinan KOMUNIKASI, KOLABORASI dan SINERGISITAS antara Konsil Masing-masing Tenaga Kesehatan dengan Kementerian Kesehatan.

"Hal itu untuk menyatukan presepsi guna membantu keberhasilan dari setiap program tenaga kesehatan yang akan dilaksanakan," jelas Wakil Ketua Konsil Kesmas KTKI, Rachma Fitriati.

Rachma menyampaikan, konsil masing - masing Tenaga Kesehatan mempunyai fungsi pengaturan, penetapan, dan pembinaan Tenaga Kesehatan dalam menjalankan praktik Tenaga Kesehatan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

"Selain itu, Konsil Kesehatan juga memiliki tusi untuk melakukan registrasi tenaga kesehatan, menyusun standar nasional pendidikan tenaga kesehatan, menyusun standar praktik dan standar kompetensi tenaga kesehatan, dan melakukan pembinaan Tenaga Kesehatan," bebernya.

Sementara itu, Ketua Konsil Kesehatan Masyarakat (Kesmas) KTKI, Husein Habsyi, menambahkan, sebagai upaya mempertahankan dan meningkatkan kompetensi Tenaga Kesehatan maka dibutuhkan peran pemerintah dan pihak terkait yang mendedikasikan diri di bidang Kesehatan yaitu Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia.

Sebagai informasi, berdasarkan Kepres Nomor 31/M Tahun 2022 tentang Pengangkatan Keanggotaan Konsil Masing-Masing Tenaga Kesehatan, Konsil Kesehatan Masyarakat KTKI terdiri dari:

1. Ketua Konsil: Husein Habsyi, SKM, MHComm.
2. Wakil Ketua Konsil: Dr. Rachma Fitriati, M.Si, M.Si (Han).
3. Ketua Divisi Registrasi Konsil, Hidayati, SKM, MKM.
4. Ketua Divisi Standarisasi Konsil: Ayu Anggraeni Dyah Purbasari, SKM, MPH.
5. Ketua Divisi Keprofesian Konsil Dr Riswahyuni Widhawati, M.Si.
6. Validator e-STR Konsil: Baequni, SKM, MKes, PhD.
7. Anggota Konsil: Andi Sari Bunga Untung, SKM, MSc.PH.
8. Anggota Konsil: Dr. Cicilia Widiyaningsih, SMIP, SKM, MKes.
9. Anggota Konsil: Agung Surya Irawan, SKM, MKKK.
10. Anggota Konsil: Dr. Muhammad Ikhtiar, SKM, MKes.

Terdapat empat unsur Organisasi Profesi di Konsil Kesehatan Masyarakat KTKI, yaitu: (1) IAKMI (ahli kesehatan masyarakat) dengan Ketua Dr. Ede Surya Darmawan, S.K.M., M.D.M., (2) PAEI (epidemiolog kesehatan) dengan Ketua DR. Dr. Hariadi Wibisono, MPH , (3) PPPKMI (tenaga promosi kesehatan dan ilmu perilaku) dengan Ketua Dr. dra.Rita Damayanti , MSPH, dan (4) PAKKI (pembimbing kesehatan kerja) dengan Ketua Dr. Hendra, S.K.M., M.K.K.K..

"Dengan semangat SUMPAH PEMUDA, maka dukungan empat Organisasi Profesi Kesehatan Masyarakat menjadi tonggak perubahan yang dapat membawa Indonesia bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19 dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan tenaga kesehatan masyarakat di Indonesia," kata Husein Habsyi.

Mengacu Pesan Presiden RI, kata Husein, bahwa persatuan harus terus diperjuangkan dengan menghargai perbedaan, menjaga toleransi, serta menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.

"Untuk mewujudkan Indonesia yang satu, seluruh komponen bangsa, termasuk Konsil Kesmas KTKI dan empat Organisasi Profesi Kesmas harus bekerja sama membangun Indonesia secara adil dan merata, membangun Indonesia sentris dengan membangun dari pinggiran, desa, pulau terdepan, hingga perbatasan dengan menebar semangat dalam menjaga jiwa patriotisme dan menyatukan visi kebangsaan," ujarnya. (OL-13)

 

Baca Juga

Ilustrasi.

Ukuran Normal Trigliserida dan Cara Menurunkan

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 05 Desember 2022, 14:58 WIB
Sebagian besar trigliserida berasal dari makanan, seperti mentega, minyak goreng, daging berlemak, keju, krim, gula dan...
Ilustrsasi

Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Oatmeal untuk Tubuh

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 05 Desember 2022, 14:30 WIB
Sebagai makanan alternatif pengganti nasi, oatmeal biasanya dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang manjalankan program...
MI/BARY

DPR Harap Partisipasi Masyarakat Dalam Pembahasan RUU Kesehatan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 05 Desember 2022, 14:17 WIB
Saleh mengatakan ada juga yang berjuang lewat media-media sosial. Memunculkan wacana dan isu yang dianggap krusial di RUU...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya