Sabtu 22 Oktober 2022, 15:00 WIB

Sejarah Meganthropus Paleojavanicus, Ciri-Ciri Manusia Purba Pertama di Indonesia

Meilani Teniwut | Humaniora
Sejarah Meganthropus Paleojavanicus, Ciri-Ciri Manusia Purba Pertama di Indonesia

Antara/Yusuf Nugroho.
Sejumlah siswa melihat replika fosil manusia purba koleksi Museum Situs Purbakala Patiayam di Desa Terban, Kudus, Jawa Tengah.

 

SEJARAH menjadi peristiwa yang sangat penting untuk diketahui dan pahami. Ini menjadi acuan serta pedoman kehidupan masa mendatang, seperti penemuan fosil manusia purba. Di Indonesia, Meganthropus paleojavanicus merupakan fosil manusia purba tertua.

Selain dikenal paling tertua, Meganthropus paleojavanicus sudah ada sejak 1,9 juta tahun lalu, bahkan sudah bermukim di Jawa. Lantas di manakah Meganthropus paleojavanicus ditemukan dan seperti apa bentuk serta ciri-cirinya? Berikut penjelasan lengkap yang dirangkum dari berbagi macam sumber. 

Penemu dan lokasi ditemukan

Tahukah kamu penemu Meganthropus paleojavanicus ialah G.H.R Von Koenigswald pada 1941. Berdasarkan buku ensiklopedia Sejarah Lengkap Indonesia dari Era Klasik Sampai Kontemporer, disebutkan jenis manusia purba ini memiliki struktur tulang yang besar.

Fosil Meganthropus paleojavanicus ditemukan di daerah Sangiran, Jawa Tengah. Sekarang Sangiran menjadi situs arkeologi di pulau Jawa.

Berdasarkan penelitian GHR Von Koenigswald dari sungai Bengawan Solo dari 1936-1941. Diperkirakan manusia raksasa jawa ini berasal dari lapisan Pleistosen bawah.

Adapun bagian yang ditemukan pada saat itu, yaitu rahang bawah dan rahang atas dan gigi lepas. Oleh karena fosil tersebut berukuran sangat besar dan menyerupai raksasa, von Koenigswald menyebutnya Meganthropus paleojavanicus.

Von Koenigswald-lah yang memberikan nama Meganthropus paleojavanicus yang berarti manusia raksasa dari Jawa. Meganthropus paleojavanicus berasal dari kata mega yang berarti besar, anthropus yang bermakna manusia, paleo berarti tertua, dan javanicus berarti Jawa.

Kehidupan Meganthropus paleojavanicus

Pola kehidupan Meganthropus paleojavanicus masih nomaden alias berpindah-pindah tempat serta mencari makan dengan cara berburu dan meramu. Namun, fragmen fosil Meganthropus Paleojavanicus yang ditemukan sangat sedikit. Hingga saat ini, belum ditemukan alat-alat yang digunakan oleh jenis manusia purba.

Para ahli juga mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi keberadaan dan kebudayaan yang mereka tinggalkan. Hal ini pun memicu perbedaan pendapat di kalangan para ahli.

Sebagian ahli menganggapnya sebagai Pithecanthropus. Sebagian lain meyakininya sebagai Australopithecus. Di Afrika, ditemukan fosil yang berasal dari lapisan yang sama dengan Meganthropus.

Di sekitar fosil tersebut juga ditemukan peralatan dari batu yang masih kasar. Diduga mereka menggunakan peralatan memasak yang masih sangat kasar, karena dibuat dengan cara yang sangat sederhana, yaitu dengan membenturkan batu dengan permukaan yang lain.

Pecahan dari benturan batu akan menyerupai kapak. Alat inilah yang kemudian digunakan untuk mengumpulkan makanan dan memasak. Peralatan tersebut berupa kapak penetak serta alat-alat serpih.

Ciri-ciri Meganthropus paleojavanicus

1. Tulang pipi tebal Kening menonjol.
2. Mempunyai tonjolan kening yang mencolok dan tulang pipi yang tebal.
3. Tidak memiliki dagu. 
4. Gerahamnya besar-besar seperti manusia. 
5. Berbadan tegap. 
6. Bentuk muka diduga masif. 
7. Rahang bawah sangat tegap. 
8. Memiliki bentuk gigi homonin. 
9. Memakan tumbuh-tumbuhan. 
10. Otot kunyah sangat kuat. 
11. Kepala bagian belakang sangat menonjol.
12.  Volume otaknya sebesar 900 cc.
13. Memiliki tinggi sekitar 2,5 meter.

Selain Meganthropus paleojavanicus, ada beberapa fosil manusia purba lain yang ditemukan di Indonesia yakni Pithecanthropus dan Homo sapien. Nah, itulah sejarah tentang Meganthropus paleojavanicus, manusia purba tertua di Indonesia. Semoga bermanfaat. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/Aji Styawan

Ide Kado Valentine untuk Pacar dan Sahabat

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Kamis 02 Februari 2023, 06:15 WIB
Hari Valentine dirayakan setiap tahun pada 14 Februari. Hari tersebut, juga sering dihubungkan dengan kado dan juga...
Dok. Yayasan Indonesia Forum

5 Inovator Indonesia Dikukuhkan sebagai Innovation Heroes 2022

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 02 Februari 2023, 06:08 WIB
Innovation Heroes bukan sekadar memberikan pengukuhan. Ajang tersebut juga bertujuan menjembatani para nominee dengan para stakeholder...
Dok. UNJ

Majukan Pendidikan Indonesia, BPU UNJ dan PesonaEdu Gelar Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 02 Februari 2023, 06:01 WIB
Kegiatan itu diharapkan dapat berkontribusi pada kebijakan Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang digagas oleh Kemendikbudristek pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya