Rabu 12 Oktober 2022, 23:34 WIB

BPJS Kesehatan Dukung Deteksi Dini 14 Penyakit Dibiayai JKN

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
BPJS Kesehatan Dukung Deteksi Dini 14 Penyakit Dibiayai JKN

MI/ERLANGGA
Ilustrasi - BPJS Kesehatan.

 

DIREKTUR Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menekankan mendukung penuh program pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk pembiayaan deteksi dini 14 penyakit yang menyebabkan kematian di Indonesia termasuk diabetes dan stroke.

"Pokoknya BPJS Kesehatan itu dengan senang hati terkait deteksi dini. Yang jelas kami anggarkan 2023 sekitar Rp8 triliun untuk skrining dan akibat skrining," Kata Ali dalam Workshop di RSUD Bali Mandara, Denpasar Bali, Rabu (12/10).

Sebanyak 14 penyakit dapat dilakukan deteksi dini dsn biaya ditanggung oleh Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebagai upaya preventif. Sebanyak 14 penyakit tersebut yakni Hipertiroid kongenital, Thalasemia, Anemia dan kanker anak.

Kemudian Stroke, Serangan jantung, Hipertensi, Penyakit paru non infeks, Tuberkulosis, Kanker paru, Hepatitis, Diabetes, Kanker payudara, Kanker serviks, dan Kanker usus.

"Ditetapkan Rp8 triliun untuk membantu deteksi dini jelas untuk masyarakat Indonesia yang banyak yang sakit. Masalahnya seperti orang yang mengidap kanker atau stroke banyak juga yang tidak merasa. Kalau dilakukan skrining yag tadi dideteksi maka menemukan kasus baru sehingga dilakukan pengobatan dan merawat," ujarnya.

Penghitungan untuk penyakit jantung, stroke, dan sebagainya jika diskrining akan tambah berapa penyakit sehinga dibutuhkan Rp8 triliun.

Sementara itu Koordinator Advokasi Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Watch Timboel menjelaskan JKN sudah memberikan pelayanan yang baik, sehingga ke depan ditentukan dari pelayanan dan kepesertaan dan pasien-pasien akan lebih mudah dan bisa bergotong-royong.

"Diharapkan digitalisasi pada umur 10 tahun program JKN bisa update yang bisa membantu masyarakat dari pemeriksaan skrinning awal," ujarnya. (Iam)

Baca Juga

Antara

108 Lembaga Pengelola Zakat Ilegal Bisa Merusak Kepercayaan Publik

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 29 Januari 2023, 19:12 WIB
Temuan yang dirilis Kemenag tersebut dinilai kontraproduktif dengan upaya peningkatan kepercayaan publik kepada lembaga zakat di Tanah...
Ist

Permainan Kartu TentangKita Bantu Eratkan Hubungan dengan Orang Terdekat

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 19:06 WIB
Tak hanya sekedar permainan kartu, TentangKita membantu membuka percakapan dan membangun waktu berkualitas bersama orang...
HO

Group Ride Perdana GFNY-IFG Life 2023 Digelar Di Kawasan PIK2

👤Widhoroso 🕔Minggu 29 Januari 2023, 19:00 WIB
AGENDA road to Gran Fondo New York (GFNY)-IFG Life yang akan berlangsung 17 September 2023, diawali dengan group ride di kawasan Pantai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya