Jumat 30 September 2022, 07:20 WIB

319 Ribu Formasi Tersedia untuk Seleksi ASN PPPK Guru di Oktober 2022

Faustinus Nua | Humaniora
319 Ribu Formasi Tersedia untuk Seleksi ASN PPPK Guru di Oktober 2022

ANTARA/Makna Zaezar
Forum Guru Bersertifikasi Pendidik berunjuk rasa di depan Kantor DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Palangka Raya, Kalteng, Selasa (6/9/2022)

 

KEMENTERIAN Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan, Teknologi (Kemendikbud-Ristek) akan kembali menyelenggarakan seleksi ASN PPPK Guru di bulan Oktober 2022. Pada seleksi tahap ke-3 ini, pemerintah menyediakan lebih dari 319 formasi.

"Setelah kita melalui proses panjang koordinasi dengan daerah maka tahun ini formasi yang tersedia adalah 319.797," ujar Plt. Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Prof. Nunuk Suryani, Kamis (29/9).

Dijelaskannya, mekanisme seleksi kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2022, pemerintah akan menggunakan mekanisme tertutup dan terbuka. Untuk mekanisme tertutup, diperuntukkan bagi para honorer yang sudah lulus passing grade pada seleksi tahun lalu. "Itu tinggal penempatan, tidak usah ikut tes lagi dan jumlahnya sampai 130 ribu," imbuhnya.

Baca juga: Kemendikbudristek Gelar Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan 2022

Selanjutnya, bila masih tersedia formasi di daerah maka akan dilakukan kesesuaian atau verifikasi untuk 724 ribu lebih guru non ASN di sekolah negeri. "Yang berikut yaitu THK 2 guru honorer sekolah negeri yang sudah mengajar minimal 3 tahun dan terdata di Dapodik. Baru jika masih ada formasi kita akan mengikuti seleksi terbuka," terangnya.

Diungkapkannya, pemerintah memang memprioritaskan honorer yang sudah lulus passing grade. Sebab, jumlahnya lebih dari setengah total peserta yang lulus seleksi tahun lalu.

Di tahun 2021 pemerintah sudah menyelenggarakan seleksi ASN PPPK Guru dan menghasilkan 293 ribu lebih guru yang lolos passing grade. Dari total tersebut, 130 ribu diantaranya belum mendapatkan formasi di daerah.

Lebih lanjut, Nunuk mengatakan bahwa seleksi ASN PPPK Guru merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan guru secara nasional dan melakukan pemerataan distribusi guru. Dari perhitungan kementerian, kebutuhan guru secara nasional mencapai 781 ribu.

"Kalau berdasarkan perhitungan kami sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Namun daerah kan tidak mengusulkan sebagaimana yang kami sampaikan. Lalu selain melalui ASN PPPK kami menempatkan guru sesuai dengan yang kita butuhkan di rombel satuan pendidikan yang membutuhkan. Satu lagi adalah tentu saja kami mengirim surat himbauan kepada kepala daerah seluruh Indonesia agar melakukan distribusi guru yang ada di daerah masing-masing," jelas Nunuk.

Dia meminta para guru yang akan mengikuti seleksi ASN PPPK Guru tahun ini untuk terus memantau informasi terbaru. Kemendikbud-Ristek telah menyediakan laman gurupppk.kemdikbud.co.id dan media sosial untuk memberi akses informasi yang seluas-luasnya. (H-3)

Baca Juga

Ist

Mutu Perlengkapan Tidur Turut Tentukan Kualitas Istirahat

👤medaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 23:49 WIB
Investasi pada perlengkapan tidur yang berkualitas sangatlah penting untuk menunjang aktivitas kita...
Ist

Cegah Perkembangan Tungau dalam Rumah dengan Penghisap Debu

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 23:33 WIB
Menurut hasil penelitian, 50% alergi pernapasan disebabkan oleh tungau debu juga merupakan salah satu penyebab umum penyakit asma di...
Dok. Pribadi

Rekomendasi Langkah bagi Guru untuk Pemulihan Hasil Belajar yang Hilang karena Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 23:21 WIB
Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun terakhir menjadi tantangan bagi sekolah dalam menjalankan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya