Rabu 28 September 2022, 17:05 WIB

Atasi Kelangkaan Stok, Pemerintah Impor Ratusan Ribu Vaksin Meningitis

Jose Nicol (MGN), Narendra Wisnu Karisma (SB) | Humaniora
Atasi Kelangkaan Stok, Pemerintah Impor Ratusan Ribu Vaksin Meningitis

Antara
Pemerintah Impor Ratusan Ribu Vaksin Meningitis

 

KEMENTERIAN Kesehatan telah mengimpor vaksin meningitis meningokokus sebanyak 225 ribu vial melalui Bio Farma untuk mengatasi masalah kelangkaan stok dalam negeri.

"Sudah ada 150 ribu vial vaksin meningitis itu yang sudah masuk ke Indonesia untuk digunakan oleh Kementerian Kesehatan. Saat ini sedang proses pengujian di Bio Farma dan juga di Badan POM," ungkap Direktur Surveilans dan Kekarantinaan Kesehatan Achmad Farchanny, Rabu (28/9/2022).

Achmad menyebut vaksin tersebut ditargetkan sudah bisa beredar pada awal bulan depan. Sementara itu, kekurangan 75 ribu vial berikutnya akan didatangkan secepatnya sebelum November.

"Kita targetkan pada minggu pertama Oktober atau selambat-lambatnya minggu kedua Oktober vaksin ini sudah beredar," tegasnya.

PT Biofarma berencana untuk kembali melakukan pengadaan vaksin meningitis jenis Minivex pada November 2022 sebanyak 211.500 dosis. 

Proyeksi impor ini diupayakan mampu mengatasi kelangkaan vaksin meningitis dalam negeri. Utamanya untuk memenuhi kebutuhan di kalangan jamaah umrah Indonesia.

Pihak Kemenkes juga berupaya menambah stok vaksin Meningitis dengan merelokasi vaksin yang masih tersedia di sejumlah dinas kesehatan dan KKP se-Indonesia untuk didistibusikan ke Kantor Kesehatan Pelabuhan.

"Dari upaya itu, sudah bisa kita didapatkan sebanyak 30.749 dosis yang berhasil kita relokasi, meski ini masih sangat kurang," terang Achmad.

Kemenkes menyebut kelangkaan vaksin ini disebabkan ketimpangan supply dan demand. Achmad mengakui produsen vaksin meningitis sedang membatasi produksi imbas dari peraturan pemerintah setempat. (Ren/A-3)

Baca Juga

Antara/Galih Pradipta.

Minum Teh, Kopi, Susu tidak Disarankan saat Makan Besar

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 20:24 WIB
Data juga menunjukkan, pada 2018, sebanyak tiga dari 10 remaja Indonesia menderita penyakit anemia dan 62,6% kasus anemia yang terjadi...
Dok. APP Sinar MAs

Dukung Mitigasi Perubahan Iklim, APP Sinar Mas Bersama Mitra Bisnis Tanam Pohon Dengan Wadah Biodegradable

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 20:17 WIB
Kegiatan penanaman yang dilakukan di Rusun Nagrak Cilincing Jakarta Utara tersebut menggunakan wadah tanam non plastik yang merupakan salah...
DOK Instagram.

Segera Periksa ketika Nyeri Bahu Berkepanjangan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 20:15 WIB
Bicara soal gejala, beberapa di antaranya yang dapat dirasakan langsung ialah nyeri atau kesakitan di area bahu, ketidakstabilan dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya