Minggu 25 September 2022, 07:00 WIB

UKDW Perluas Jangkauan Mitra Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Ahmad Mustaqim | Humaniora
UKDW Perluas Jangkauan Mitra Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Lokakarya Penggalangan Mitra MBKM yang diselenggarakan UKDW di Hotel Eastparc Yogyakarta, Sabtu, (24/9)

 

UNIVERSITAS Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta memperluas jangkauan mitra untuk program Kampus Belajar Merdeka Belajar (MBKM). Tak hanya jangkauan mitra, namun juga menguatkan dampak dari MBKM. 

Wakil Rektor Bidang Akademik, Riset, dan Inovasi (WR 1) UKDW Yogyakarta, Charis Amarantini ada puluhan mitra yang sudah bekerja sama. Mitra tersebut berada di lingkup Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) maupun luar DIY. 

"Di daftar kami ada 76 mitra yang hadir. Asalnya sebagian besar DIY-Jateng," kata Charis di sela Lokakarya Penggalangan Mitra MBKM di Hotel Eastparc Yogyakarta, Sabtu, (24/9). 

Baca juga: Keluarga adalah Pengasuh Ideal Bagi Pasien Demensia

Ia mengatakan 76 mitra tersebut sebagian besar sudah bekerja sama dalam program MBKM maupun pengabdian masyarakat. Misalnya, ada alumnus UKDW yang telah menjadi mitra dengan pemberdayaan masyarakat dengan menciptakan kampung sayur di Kota Yogyakarta. Kemitraan itu telah bermula dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan program pengabdian masyarakat yang didampingi Fakultas Bioteknologi. 

Tak hanya menguatkan pengabdian masyarakat, pemberdayaan masyarakat di Kota Yogyakarta itu berlanjut dengan mengembangkan potensi sebagai kampung wisata. Tema besarnya dengan budi daya bayam Brasil. Dengan lahan terbatas, budi daya bayam brasil menggunakan teknologi yang dikembangkan secara multi disiplin ilmu, yakni arsitektur dan desain produk. 

"Kami mengembangkan itu secara tata ruang diatur, ditaruhkan diajari membudidaya memakai pot karena bayam Brasil unik tak dari biji tapi vegetatif. Mereka mengembangkan produk dari situ. Terakhir selain jadi tempat belajar banyak orang dari berbagai wilayah, produk yang dihasilkan ada mi berbasis bayam Brasil," ujarnya. 

Baca juga: Unsada Jalin Kerja Sama Dengan PT PAL Dan BRIN

Charis mengatakan kemitraan yang dilakukan juga menjangkau hingga Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dan Universitas Widya Mandala Surabaya untuk pertukaran pelajar lintas bidang keilmuan maupun linier. Ada pula sekolah dan tempat kursus bahasa Inggris. 

"Atau ada bidang industri bekerja sama dengan PT Asidatama. Kalau yang IT banyak kebutuhan. Mereka membutuhkan 11 ribu tenaga IT, baru dapat 1.000 orang. Justru ini menjadi partner yang baik. Kami mendefinisikan tak hanya lembaga industri, pendidikan, tapi juga lembaga sosial. Saya kira ini penting," ucapnya. 

Ia berharap kemitraan dengan lembaga yang telah terjadi bisa kian kuat dan bertambah. Selain itu, untuk lembaga yang belum menjadi mitra bisa segera menjalin kerja sama sesuai dengan bidang masing-masing. 

"Jadi diharapkan kami juga membantu pemerintah dengan pencapaian itu. Berapa banyak mahasiswa yang berkesempatan belajar di luar kampus karena bisa mempercepat perkuliahan dengan konversi SKS yang diberlakukan di MBKM ini. Empat tahun kuliah, ditambah ada kesempatan di industri, lembaga sosial, lembaga pendidikan, lebih cepat adaptasinya di dunia kerja," tuturnya. (H-3)

Baca Juga

Medcom

Gunakan Bawang Putih untuk Obat Jerawat Malah Bisa Merusak Kulit

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 08 Desember 2022, 13:00 WIB
Bawang putih sendiri memiliki rasa yang pedas sehingga memiliki sifat iritatif. Sehingga, jika meletakkan bawang putih di kulit maka akan...
Freepik

Ini Daya Tarik Laki-Laki Menurut Perempuan Indonesia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 08 Desember 2022, 11:45 WIB
"Yang menjadi daya tarik laki-laki menurut perempuan Indonesia adalah wangi badan. Wangi yang sehat menjadi daya tarik, setelah...
Ist

Menyambut Festival Akhir Tahun Bersama Sheraton Yogyakarta 

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 10:49 WIB
Saatnya merencanakan akhir tahun yang gembira bersama keluarga! Sheraton Mustika Yogyakarta telah mempersiapkan rangkaian aktivitas yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya