Jumat 23 September 2022, 11:38 WIB

Kasus Harian Covid-19 Dunia Membaik, WHO: Pandemi Belum Berakhir

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Kasus Harian Covid-19 Dunia Membaik, WHO: Pandemi Belum Berakhir

AFP
Ilustrasi

 

Meski kasus harian covid-19 di dunia mulai membaik namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan bahwa pandemi ini belum berakhir.

"Selama dua minggu terakhir, saya telah mengatakan bahwa pandemi belum berakhir, tetapi akhir sudah di depan mata, keduanya benar," kata Direktur Jenderal World Health Organization (WHO), Tedros Adanom Ghebreyesus, Jumat (23/9).

Jumlah kematian mingguan terus menurun dan saat ini hanya 10% dari puncaknya pada Januari 2021. Hal ini dikarenakan dua pertiga populasi dunia sudah divaksinasi, termasuk tiga perempat petugas kesehatan dan lansia.

Tedros mengatakan di sebagian besar negara kasus sudah menurun dan kehidupan tampak seperti sebelum pandemi. Namun jika rata-rata 10 ribu kematian seperti Februari 2022 lalu maka ini termasuk banyak. "Meskipun kekebalan populasi telah meningkat, masih ada kesenjangan vaksinasi yang besar, terutama di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah," ujarnya.

Virus masih menyebar, dan masih bermutasi, dengan risiko varian yang lebih berbahaya yang terus muncul. "Kita semua membutuhkan harapan bahwa kita dapat mengakhiri pandemi ini segera namun diharapkan semua orang merasa aman dan tidak ada satu pun yang tertinggal," tuturnya.

Itu berarti setiap orang masih perlu menggunakan masker, menjaga jarak, ventilasi, dan pola hidup yang sehat. Sehingga tiap orang membutuhkan akses ke alat medis agar tetap aman seperti vaksin, tes, dan perawatan. "Itu masih tidak terjadi. Hanya 19% dari populasi negara-negara berpenghasilan rendah yang divaksinasi, dan akses ke perawatan yang menyelamatkan jiwa hampir tidak ada," pungkasnya. (OL-12)

 

Baca Juga

DOK PGI

Ketum PGI Sampaikan Duka Mendalam atas Tragedi Kanjuruhan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 20:54 WIB
Terkait dengan peristiwa ini, Pdt Gomar pun mendesak Kapolri untuk mengusut tuntas sistem pengamanan dan penanganan kerusuhan paska...
ANTARA/Zabur Karuru

Pengamanan Perempuan dan Anak dalam Tragedi Kanjuruhan Disorot

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 19:27 WIB
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menyebut sedikitnya ada 17 anak yang meninggal dan tujuh anak mengalami...
Antara

Festival Sains dan Bahasa 2023 Kembali Hadir

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 15:41 WIB
Pendaftaran FSB 2023 dibuka mulai 1 Oktober 2022. Pengumuman finalis pada 23 Desember...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya